Akademika

Akademisi Untika: HP dan Pulsa untuk Pelajar–Mahasiswa Patut Diapresiasi

LUWUK, LUWUK POST—Akademisi Universitas Tompotika Luwuk, mengapresiasi upaya pemerintah daerah memberikan bantuan handphone dan pulsa untuk mahasiswa dan pelajar. “Tentu, hal ini perlu diapresiasi,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik, Untika Luwuk, Dr. Isnanto Bidja, SH., MH,  Rabu (26/8).

Ia, mengatakan, upaya pemerintah daerah mengalokasikan anggaran bantuan itu dapat meringankan beban mahasiswa maupun pelajar.  Hanya saja, perlu adanya klasifikasi terhadap kelompok penerima, agar program tetap tepat sasaran—jatuh pada mereka yang membutuhkan. “Kepala sekolah pasti tahu siapa siswanya yang perlu dibantu,” ujarnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya ini, menuntut kepedulian semua pihak. Apalagi, jika dampak ekonominya jangka panjang. Karenanya, ia berharap program bantuan itu dapat berkelanjutan.

“Semuanya terdampak. Kami berharap bantuannya tepat sasaran dan berkelanjutan,” ujarnya.

Isnanto juga berharap, ada badan khusus yang dibentuk untuk memastikan program tersebut berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Bupati Banggai, Dr. Herwin Yatim, menuturkan, pandemi Covid-19 menuntut kepekaan pemerintah daerah terhadap semua aspek kehidupan masyarakat. Khususnya yang terdampak langsung akibat pandemi.

“Sektor pendidikan ini paling penting. Sehingga pada momentum APBD Perubahan nanti, pemerintah daerah akan memberikan bantuan handphone dan biaya pembelian pulsa untuk kepentingan belajar siswa secara daring,” ungkapnya, Senin (24/8).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai telah mulai menyusun mekanisme pemberian bantuan bagi siswa kurang mampu. Bantuan tersebut akan diserahkan pada siswa SD,SMP, SMA dan mahasiswa. “Sedang dimantapkan oleh perangkat daerah terkait. Kurang lebih sekira 1000 pelajar dan mahasiswa yang direncanakan akan mendapatkan bantuan,” tutur Bupati Herwin, belum lama ini. (ris/bdi)