Metro

Air di Desa Bella Nuhon Diduga Minyak Bumi

 

GEGERKAN WARGA: Warga menyaksikan api yang menyembur di depan rumah, di Dusun 3 Desa Bella, Kecamatan Nuhon. [Foto: Istimewa]
LUWUK, LUWUK POST—Warga Desa Bella, Kecamatan Nuhon, digegerkan dengan keluarnya air panas yang diduga minyak bumi, Senin (7/9/). Keluarnya air panas yang diduga minyak bumi itu, berawal dari pembuatan sumur suntik di depan rumah milik Hamid Lamatolo di Dusun 3 Desa Bella, sejak Sabtu (5/9) lalu.

Saat dalam tahapan pengerjaan, pipa yang digunakan patah. Warga pun menggantikan pipa tersebut dengan ukuran yang lebih besar. Besoknya (6/9), air berhasil keluar dari kedalaman sekira 40 meter. Namun ada yang aneh. Air keluar terasa panas.

Selama bertahun-tahun pengerjaan sumur suntik di Desa Bella dan sekitarnya, warga tidak pernah mengalami hal seperti ini. Warga yang penasaran dengan kandungan air yang keluar dari pipa itu, langsung menyalakan api. Tak disangka, air itu menyemburkan api layaknya premium atau sejenisnya.

“Tadi sekitar jam 10 pagi, warga membakar air itu dan menyala. Sampai sekarang apinya masih menyala,” ungkap warga Desa Bella Nursan Lampegau, tadi sore (7/9).

Warga yang khawatir dengan kondisi itu, langsung melapor ke aparat TNI-Polri. Pihak Polsek Nuhon langsung mengerahkan anggotanya ke rumah Hamid Lamatolo. Polisi pun ikut menyaksikan api yang masih berkobar di atas air tersebut.

“Sekarang lokasi itu sudah di-police line,” kata Nursan.

Wartawan media ini mencoba mengonfirmasi aparat desa setempat, namun belum membuahkan hasil. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait soal fenomena air yang diduga minyak bumi tersebut. (awi)