Lasqi Sulteng Populerkan Kasidah ke Generasi Milenial

Redaksi Luwuk Post

 

POPULERKAN KASIDAH: Pengurus Lasqi Sulteng membawa rebana, alat musik kesenian kasidah. Kasidah sering dipentaskan di ajang MTQ ataupun kegiatan hari besar Islam. [Foto: Istimewa]
PALU, LUWUK POST-Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Dr. H Rusli Dg Palabbi, mengukuhkan Pengurus Wilayah Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia  (Lasqi) Provinsi Sulteng, di Palu Kamis (10/10).

Kepengurusan Lasqi yang dikukuhkan, diketuai oleh H Baharuddin HT. Baharuddin HT, sebelumnya pernah menjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, di periode pertama pemerintahan Gubernur Longki Djanggola.

Rusli mengatakan, kesenian kasidah tergerus oleh zaman. Globalisasi membawa masuknya budaya dan kesenian asing, yang menyebabkan penurunan akhlak, maupun animo masyarakat terutama generasi muda untuk ikut mendalami dan mengembangkan kesenian qasidah.

Pengurus Lasqi Sulteng dilantik berdasarkan SK No. 07/DPP-LASQI/III/2020 periode 2019-2024. Diharapkan kepengurusan yang diketuai Baharuddin HT, bisa membawa kepopuleran kesenian kasidah kepada generasi milenial.

Generasi milenial, katanya, perlu dikenalkan dengan kesenian kasidah. Kesenian kasidah tidak hanya mengemban misi dakwah Islam, tapi juga ada unsur kebudayaan leluhur.

“Padahal cabang kesenian kasidah memiliki andil dalam pelestarian seni kebudayaan, memajukan peradaban, menjaga akhlak, moralitas, dan sekaligus menyukseskan misi dakwah keagamaan, yaitu dengan diselipkannya nilai-nilai ajakan kebaikan Islam saat kesenian kasidah dipentaskan,” kata Rusli. (bas)

 


Komentar

Berita Berikutnya

Pelanggaran Netralitas ASN, Tertinggi di Banggai

  PALU, LUWUK POST-Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen, memaparkan data jumlah pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Sulawesi Tengah yang terhitung tinggi. 45 kasus telah direkomendasikan kepada Komisi ASN di Jakarta. “Terkait pelanggaran netralitas ASN, tercatat 45 kasus yang sudah diteruskan ke Komisi ASN yang melampirkan kajian dan […]
Ruslan Husen