Politik

RAPBD 2021, Irwanto Kulab Siap Koreksi Pengadaan Kaos Dinkes Senilai Rp 1,2 Miliar

 

Irwanto Kulap

LUWUK, LUWUK POST-Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Banggai, Irwanto Kulap menilai, program pengadaan kaos untuk kader dasawisma oleh Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten Banggai senilai Rp 1,2 Miliar pada tahun 2021, dinilai tak begitu prioritas.

“Sebenarnya semangatnya bagus dalam rangka pemberian reword kepada meraka. Saya sangat setuju. Hanya saja perlu kita ketahui waktunya yang belum tepat. Di saat kita sedang berperang melawan Covid-19, kenapa ada program pembelian kaos kepada kader dasawisma. Sudah sepenting apakah pembelian kaos tersebut?,” ujar Irwanto Kulap, Selasa (1/9).

Kenapa sambung dia, Dinkes Kabupaten Banggai tidak lebih melihat pada hal-hal yang sangat urgensi.  Seperti bagaimana menyelesaikan hutang ke BPJS, sehingga bisa penambahan kepesertaan masyarakat.

“Selain itu, Dinas Kesehatan seharusnya juga bisa melihat bahwa ada vaksin Covid-19 yang akan diproduksi di Januari 2021, dan masih banyak hal-hal yang sangat penting di Dinas Kesehatan yang butuh anggaran dalam menghadapi Covid-19. Atau memberikan perhatian kepada para dasawisma yang belum memiliki jaminan kesehatan BPJS. Saya rasa itu lebih berharga ketimbang pemberian kaos di masa pandemi Covid-19 19,” jelasnya.

Jika Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai bersikukuh menganggarkan program tersebut pada tahun 2021, dirinya akan habis-habisan memberikan koreksi saat pembahasan Rancangan APBD di DPRD. “Ini sangat mengada-ngada. Tetap saya akan koreksi di pembahasan RAPBD tentang program tersebut,” imbuhnya. (and)