Abdulah Iskandar, Moderator Debat Putaran Pertama

Redaksi Luwuk Post
Dr. Abdulah Iskandar

LUWUK, LUWUK POST- Kampanye debat publik putaran pertama, pemilihan bupati dan wakil bupati Banggai tahun 2020, mengangkat tema mengangkat dua tema sekaligus, yakni “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah”.

Debat kandidat yang akan dilaksanakan di Hotel Swiss-Belinn Luwuk, Minggu (8/11) itu, KPU Kabupaten Banggai menunjuk moderator yang berasal dari luar Kabupaten Banggai.

Komisioner KPU Kabupaten Banggai, Alwin Palalo mengatakan, moderator yang akan memandu jalannya debat kandidat merupakan praktisi hukum dan dosen Universitas Tadulako Palu. “Moderator debat kandidat nanti Dr. Abdula Iskandar SH., MH. Dosen dari Untad Palu,” ujarnya, Rabu (4/11).

Dr. Abdulah Iskandar dinilai memiliki kualifikasi sesuai dengan kriteria KPU, yakni mempunyai integritas, jujur, simpatik, dan kapasitas sesuai bidangnya. Dr. Abdulah Iskandar juga dinilai dapat bersikap netral, tidak memihak, dan tidak mempunyai hubungan dengan partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon, dan/atau tim kampanye, dan mempunyai kemampuan tampil dan berbicara di muka publik. Sebelumnya, Dr. Abdulah Iskandar pernah menjadi moderator dalam debat kandidat pemilihan bupati dan wakil bupati Buol tahun 2016 lalu.

Dalam debat kandidat nanti, masing-masing pasangan calon akan menyampaikan visi misi serta program kerja dengan waktu yang ditentukan, atau sesuai dengan rundown yang dipandu oleh moderator.

Diketahui, dalam pasal 59 huruf b PKPU nomor 13 tahun 2020, pelaksanaan debat terbuka yang akan diikuti oleh pasangan calon nomor urut 1, Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU), pasangan calon nomor urut 2, Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili (AT-FM), dan pasangan calon nomor urut 3, Herwin Yatim-Mustar Labolo (WinStar), wajib menerapkan protokol kesehatan.

Sehingganya, debat terbuka tersebut hanya akan dihadiri oleh pasangan calon, dua orang perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), lima orang komisioner KPU dan empat orang dari tim kampanye paslon.

Sementara untuk masyarakat yang ingin menyaksikan namun tidak dapat hadir, dapat disaksikan melalui Facebook dan kanal YouTube KPU Kabupaten Banggai. (and)


Komentar

Berita Berikutnya

Disdukcapil Batasi Pelayanan Administrasi Kependudukan

LUWUK, LUWUK POST- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Banggai membatasi pelayanan administrasi kependudukan. Pembatasan pelayanan dilakukan untuk antisipasi penyebaran virus Corona Virus Disease (COVID-19), Rabu (4/11). Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Banggai Malik Kasim mengungkapkan, pembatasan pelayanan pada masyarakat, meliputi, pengurusan KTP-el, akta keluarga, akta kelahiran dan […]