Lonjakan Covid-19 Mengkhawatirkan

Redaksi Luwuk Post
Nurmasita Datu Adam
Nurmasita Datu Adam

LUWUK, LUWUK POST—Lonjakan peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Banggai sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, meskipun dibarengi dengan pasien yang dinyatakan sembuh, namun juga terdapat beberapa kasus pasien meninggal.

Laporan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai 22 November 2020 menyebutkan, adanya penambahan 1 kasus meninggal. Sehingga total secara kumulatif, 9 kasus meninggal sejak Covid-19 dilaporkan mulai menginfeksi daerah ini beberapa bulan lalu.

“Hari ini 1 kasus konfirmasi positif baru, dan 1 kasus meninggal,” katanya Juru Bicara Penanganan Covid-19, Nurmasita Datu Adam, Minggu (22/11).

Terkait kabar bahwa terdapat penambahan 2 kasus meninggal, Nurmasita membenarkannya.

“Iya, benar. Tetapi 1 kasus meninggal ini, nanti dilaporkan secara resmi pada Senin besok (hari ini-red). Hari ini (kemarin-red), akumulasi meninggal 9 orang,” katanya.

Satu kasus meninggal pada Minggu (22/11), berasal dari Kecamatan Batui Selatan. Sementara kasus meninggal yang akan dilaporkan secara resmi pada Senin (23/11) hari ini, berasal dari Kecamatan Luwuk Selatan.

Untuk 1 kasus lainnya yang meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk, akan dilaporkan dan dicatat sebagai kasus meninggal di Taliabu, Maluku Utara.

Data gugus tugas menyebutkan secara kumulatif, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Banggai menjadi 227 orang.  Sebanyak 152 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Nurmasita Datu Adam, berharap warga terus memperketat  penerapan protokol kesehatan. Ia berharap tidak ada lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif, maupun pasien yang meninggal akibat terpapar virus korona baru SARS-CoV-2 yang hingga kini  belum ada vaksinnya itu. (ris)

Luwuk Zona Merah

Kasus suspek               : 8

Kasus probable           : 0

Kasus Discarded         : 0

Kasus konfirmasi       : 227 orang

  ■. 1 kasus baru (dirawat di RS)

  ■. 65 kasus lama (7 dirawat di RS, 58 isolasi mandiri)

  ■. 152 sembuh

  ■.  9 meninggal (1 baru)

Sebaran Wilayah

■ 1 kasus baru (1 dari Kecamatan Luwuk).

■ 65 kasus lama (33 dari Kecamatan Luwuk, 16 dari Kecamatan Luwuk Selatan, 2 dari Kecamatan Batui Selatan, 5 dari Kecamatan Toili, 4 dari Kecamatan Luwuk Utara, 1 dari Kecamatan Bunta, 1 dari Kecamatan Nuhon, 2 dari Kecamatan  Kintom, 1 dari Kecamatan Toili Barat).

■ 1 kasus meninggal dari Kecamatan Batui.

■ 68 sampel swab masih menunggu hasil dari Labkes Propinsi Sulteng.

Sumber: Laporan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Banggai 22 November 2020.


Komentar

Berita Berikutnya

Percepat Bandara, Bangun Dermaga Feri

Untuk Mendukung Konektivitas Daerah Terpencil dan Kepulauan BANGGAI, LUWUK POST-Sebagi wilayah yang didominasi lautan, Kabupaten Banggai Laut membutuhkan dukungan transportasi yang memadai. Bandar udara dan armada feri dibutuhkan untuk menunjang konektivitas. Karena itu, Kementerian Perhubungan berupaya mempercepat proses penyelesaian pembangunan bandar udara di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.  Upaya ini […]
DILAYANI KAPAL RAKYAT: Aktivitas di dermaga ASDP Tinakin, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Jumat (4/1/2019) pagi. Saat ini, menuju Kecamatan Bokan Kepulauan, Bangkurung, dan Labobo dilayani kapal laut sekitar 35 grosston, sehingga mobilisasi kendaraan roda empat ke atas belum bisa dilakukan. Kapasitas kapal laut yang kurang memadai juga menyulitkan pengangkutan hasil perikanan dari tiga pulau itu. Armada ferry diharapkan turut melayani penyeberangan dari ibu kota kabupaten ke Kecamatan Bokan Kepulauan, Bangkurung, dan Labobo. [Foto: Taufik Basri/Harian Luwuk Post]