Politik

Menang Debat Publik Kedua, Pengamat Sebut Winstar Unggul di Semua Aspek

LUWUK—Calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Banggai nomor urut 03, Herwin Yatim dan Mustar Labolo dinilai memenangkan debat publik Pilkada putaran kedua yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai di Hotel Swiss Bellin Luwuk, Minggu (22/11/2020).

Penilaian itu diungkapkan langsung oleh pengamat politik dan akademisi dari kampus Universitas Tompotika Luwuk, Risman Sarifudin S.Sos M.SI. ia menyebutkan bahwa kemenangan itu berdasarkan indikator-indokator di mana pasangan Winstar dinilai unggul di semua aspek.

Di antaranya, aspek penguasaan panggung debat. Dikatakan Risman, Winstar tampil tenang meskipun pasangan calon lainnya terus mengkritik kepemimpinannya di periode pertama. Namun demikian, Winstar mampu menjawab dengan tenang.

“Ada beberapa indikator mengapa WinStar bisa dikatakan menang. Pertama, WinStar mampu mengendalikan emosi walaupun sudah dikritik dengan keras oleh pasangan calon satu dan dua,” kata Risman.

Kemudian, aspek keunggulan ditunjukkan oleh Winstar adalah paparan visi-misi dan programnya dinilai sudah sangat tepat dan lebih konkrit untuk masyarakat. Hal itu juga dibuktikan dengan capaian-capaian prestasi yang berhasil ditorehkan pada periode sebelumnya.

“Ini patut diapresiasi, WinStar mampu menjelaskan kinerjanya yang luar biasa. Dimulai dari kearifan lokal, kamus bahasa daerah, batik tenun Nambo yang digunakan oleh 8000 aparatur negara. Sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat, ini kinerja luar biasa dari WinStar,” ucap Risman.

“Ditambah lagi kinerja winstar yang berhasil melakukan loby-loby di tingkat pemerintah pusat,  dalam hal ini adalah program jaringan Gas (Jargas) yang saat ini sudah dinikmati oleh masyarakat walaupun jargas tersebut baru ada di dua kecamatan yaitu kecamatan batui dan batui selatan,” jelas Risman.

Tak hanya itu, Risman juga menambahkan bahwa pasangan WinStar lebih jelas dalam penyampaian visi misi dan program lebih sesuai dengan tema debat yang diangkat dan disusun oleh KPU Banggai. Bahkan, secara keseluruhan, Risman memberikan nilai 80 untuk pasangan Winstar.

“Untuk skor, menurut saya pribadi, di debat kedua ini. WinStar menang dengan skor 80, baik dari segi penguasaan, penjelasan dan ketenangan WinStar,” tandas Risman.

Senada dengan pengamat politik Risman, Rinto Alimun selaku tokoh masyarakat Kabupaten Banggai juga menuturkan bahwa penyampaian visi misi dan program kerja dari Herwin-Mustar lebih konkret dan jelas.

“Tidak seperti yang lain, pasangan satu emosi dan pasangan satu lagi jawabannya tersusun rapi dengan membaca. Sebaliknya, WinStar dapat menjelaskan semuanya dengan tepat, sesuai pertanyaan yang diberikan, tidak kemana-mana dan jelas apa yang telah WinStar lakukan untuk kemajuan daerah,” kata Rinto, dalam rilis media.

Selain itu, Rinto juga menyoroti pasangan calon lain yang tidak menggunakan data dan memahami persoalan yang kompleks daerah. Jadi wajar menurutnya, untuk di debat kedua ini milik Herwin-Mustar. (*/adv)