Metro

Pemda Banggai Tingkatkan Ekspor Langsung

LUWUK,LUWUK POST-Pemerintah daerah kabupaten Banggai terus meningkatkan ekspor, khususnya sektor perikanan. Hal itu disampaikan Plh Bupati Banggai Abdullah Ali pada Sosialisasi Forum Koordinasi Fasilitasi Ekspor Dinas Perdagangan di hotel Swisbellin Luwuk, Kamis (19/11).

Plh Bupati Abdullah menyatakan, hasil perikanan tersebut tujuan ekspornya ke Australia, Malta, USA, Prancis, Yunani, Thailand, Vietnam, Korea, dan Hongkong melalui jalur laut.

Ia menyatakan, ekspor langsung ke Negara tujuan telah dicanangkan Bupati Banggai Herwin Yatim sejak awal memimpin daerah ini. Pemerintah daerah tentunya akan mendukung terus peningkatan ekspor sektor komoditi unggulan di kabupaten Banggai

“Pemda memfasilitasi sarana prasarana peningkatan produksi dan mutu komoditi unggulan di daerah ini melalui pemberdayaan usaha perdagangan keluar negeri,” jelasnya.

Dengan begitu,  ekspor komoditi unggulan kabupaten Banggai akan terus meningkat. Disertai pula peningkatan pencapaian sasaran pertumbuhan perluasan ekonomi dan peningkatan kesejahtraan rakyat, khususnya sektor perdagangan.

Pemerintah akan terus memperhatikan lagkah-langkah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti kerja sama pasar ekspor dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, konektivitas antar stakeholder dalam meningkatkan kuantitas ekspor, serta memperluas akses pasar internasional. (bdi)