AT-FM Menang Telak, Jika Tak Ada Gugatan, KPU segera Tetapkan Paslon Terpilih

Redaksi Luwuk Post
PLENO REKAPITULASI: Pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten di Swissbellin Luwuk, yang berlangsung selama dua hari sejak Senin (14/12) hingga kemarin (15/12). Ratusan personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan. [Foto: Asnawi Zikri/Luwuk Post]
PLENO REKAPITULASI: Pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten di Swissbellin Luwuk, yang berlangsung selama dua hari sejak Senin (14/12) hingga kemarin (15/12). Ratusan personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan. [Foto: Asnawi Zikri/Luwuk Post]

LUWUK, LUWUK POST- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow, mengatakan, setelah hasil pleno rekapitulasi tersebut, pihaknya langsung melakukan penetapan hasil rekapitulasi masing-masing pasangan calon.

“Malam ini (tadi malam, red) langsung kita tetapkan,” ujar Zaidul Bahri Mokoagow.

Untuk penetapan bupati dan wakil bupati Banggai terpilih lanjut dia, akan dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang ada.

“Kalau itu sudah ada tahapannya. Namun untuk penetapan itu, nanti akan ditunggu apakah ada gugatan di MK. Kalau ada gugatan, maka kita tunggu setelah putusan MK. Kalau tidak ada langsung ditetapkan,” imbuhnya.

Kemarin (15/12), KPU Banggai kembali melanjutkan pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten.

Hari kedua pleno rekapitulasi suara pada Pilkada Banggai 2020, kembali dilaksanakan di Hotel Swiss-Belinn Luwuk, diikuti 11 kecamatan, yakni Kecamatan Luwuk, Luwuk Selatan, Luwuk Timur, Toili, Moilong, Balantak, Pagimana, Nuhon, Bualemo, Manto dan Kecamatan Lamala.

Pada hari pertama, pleno rekapitulasi diikuti 12 kecamatan, yakni Kecamatan Bunta, Simpang Raya, Lobu, Nambo, Balantak Utara, Kintom, Batui, Balantak Selatan, Luwuk Utara, Masama, Batui Selatan dan Toili Barat.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi 23 kecamatan sejak hari pertama dan kedua, pasangan nomor urut 2, Amirudin Tamoreka dan Furqanuddin Masulili (AT-FM) keluar sebagai kandidat dengan perolehan suara terbanyak, yakni 88.011 suara, atau terpaut 23.649 suara dari pesaing terdekatnya yakni pasangan nomor urut 3, Herwin Yatim dan Mustar Labolo (WinStar) yang menempati posisi kedua dengan perolehan 64.361 suara. Sedangkan pasangan Sulianti Murad dan Zainal Abidin Alihamu (HATIMU) harus puas dengan pada posisi ketiga dengan hasil perolehan 49.082 suara.

Secara terpisah, KPU Kabupaten Banggai Laut juga telah menyelesaikan rekapitulasi suara. Pasangan calon Sofyan Kaepa-Ablit meraih kemenangan dengan perolehan suara 14.107 suara, Wenny Bukamo-Ridaya La Ode Ngkowe mendapatkan 10.765 suara, lalu Tuty Hamid-Richard Manuas di posisi ketiga dengan perolehan suara 10.732, lalu Rusli Banun-Basri hanya mendapatkan 5.035 suara.

Ketua KPU Kabupaten Banggai Laut Muhamad Syarif Asgar Uda’a mengapresiasi seluruh pihak yang ikut mendukung terselenggaranya pesta demokrasi ini. “Ada satu tahap lagi, kita menunggu register dari Mahkamah Konstitusi untuk penetapan Paslon terpilih,” jelas dia tadi malam pukul 21.45 di Banggai, Kabupaten Banggai Laut. (and/ali)


Komentar

Berita Berikutnya

Winstar Laporkan 37 Kasus Dugaan Money Politic

LUWUK,LUWUK POST-Kuasa hukum  Pasangan calon nomor urut 3 Herwin Yatim-Mustar Labolo, Moh Ruliyandi meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai untuk bekerja secara profesional. Penegasan itu disampaikan Ruliyandi setelah melakukan pertemuan bersama Plt Ketua Bawaslu kabupaten Banggai Muh Saiful Saide, Selasa (15/12) malam. Ruliyandi mengungkapkan, saat ini tim pasangan calon […]
LAPORKAN DUGAAN MONEY POLITIK: Kuasa hukum pasangan calon nomor urut 3 Muh Ruliyandi menyampaikan laporan dugaan pelanggaran money politik pada Bawaslu kabupaten Banggai, Selasa (15/12) malam. [FOTO:BUDI/LUWUK POST]