Dispar Fokus Inovasi di Sektor Pariwisata

Redaksi Luwuk Post
LOKASI WISATA: Wisata Keles Hill menjadi salah satu tempat liburan keluarga di Desa Lumpoknyo, Kelurahan Luwuk. [Foto: Taufik Basri/Luwuk Post]
LOKASI WISATA: Wisata Keles Hill menjadi salah satu tempat liburan keluarga di Desa Lumpoknyo, Kelurahan Luwuk. [Foto: Taufik Basri/Luwuk Post]

LUWUK, LUWUK POST-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi. Terutama dengan berbagai kalangan pemangku kepentingan demi membangkitkan sektor pariwisata di tanah air.

Dikutip dari Jawapos.com, kesiapan tersebut disampaikan Sandi saat bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di Bali.

Dalam pertemuan itu, keduanya membahas upaya pemerintah dalam membuka lapangan kerja baru di sektor ekonomi kreatif.“Saya ingin melaporkan baru saja bertemu dengan Menko Marves Bapak Luhut Binsar Pandjaitan. Beliau menyampaikan arahan agar langsung bekerja untuk mensolidkan teamwork di tim. Kita pastikan juga tim yang sekarang bisa terus berjuang mengatasi Covid-19, membangkitkan pariwisata, membuka lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif ini adalah tim yang solid dan tim yang memiliki komitmen yang sama,” kata Sandiaga, Minggu (27/12).

Dalam pertemuan itu, keduanya juga membahas destinasi super prioritas yang harus mulai fokus disiapkan.  Terkait hal itu, Sandi mengatakan pihaknya telah siap, baik dalam segi infrastruktur ataupun fasilitas. “Sesuai dengan diskusi dengan Pak Jokowi, bahwa lima destinasi super-prioritas itu kita siapkan, kita lengkapi bukan hanya infrastrukturnya, tapi juga seluruh aspek penyediaan fasilitas maupun atraksi budaya, tarian, penginapannya, juga dari segi toilet termasuk juga ekonomi kreatif yaitu kuliner, fashion dan kerajinannya,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwista Kabupaten Banggai, Subrata Kalape, menyatakan, saat ini mereka tetap fokus dalam inovasi di sektor pariwisata, mengingat masih banyaknya tempat-tempat wisata yang masih harus dikembangkan hingga bisa menarik para wisatawan. “Intinya kami tetap fokus pada Inovasi di sektor pariwisata dan juga lebih fokus pada  penerapan CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) sebagaimana yang pernah saya ungkap sebelumnya,” tuturnya Selasa (29/12).

Sehingganya yang dilakukan oleh Dispar saat ini tetap fokus pada pemberdayaan masyarakat di seputar Daerah Tujuan Wisata (DTW) dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan, pelatihan dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). (gom)

 


Komentar

Berita Berikutnya

Penyaluran BST 2020 Telah Berakhir, Erwin: Daya Serap Capai 97,9 Persen

LUWUK, LUWUK POST-Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk tahap ke sembilan di Kantor Pos cabang Luwuk telah berakhir, sejak tanggal 24 Desember 2020. Kepala Kantor Pos cabang Luwuk, Erwin mengatakan, dari seluruh penyaluran tidak sepenuhnya diambil oleh masyarakat, sehingganya sisa dana BST yang tidak tersalurkan, telah dikembalikan ke rekening Kemensos […]
TELAH BERAKHIR: Suasana penyaluran BST oleh Kantor Pos Luwuk, beberapa waktu lalu. [Foto: Istimewa]