Metro

Dua Puskesmas Lakukan Pemeriksaan Swab

LUWUK, LUWUK POST—Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam, menyebutkan dua puskesmas di Kabupaten Banggai diaktifkan untuk melakukan pemeriksaan swab terhadap pasien yang terindikasi terpapar virus korona baru SARS-CoV-2.

Kedua puskesmas itu adalah puskesmas Kampung Baru Kecamatan Luwuk dan Puskesmas Simpong Kecamatan Luwuk Selatan (bukan puskesmas Kintom seperti yang diberitakan sebelumya-red). “Puskesmas Kampung Baru dan Simpong,” tegasnya, Rabu (2/12).

Ia mengatakan, sampel swab dari pemeriksaan di kedua puskesmas itu nantinya akan dikirim untuk diperiksa di Laboratorium Kesehatan Palu. “Puskesmas Simpong sejak pekan lalu sudah mengirim sampel swab ke Palu,” jelasnya.

Pemeriksaan swab dilakukan terhadap pasien bergejala atau suspek, yang menunjukkan hasil reaktif setelah melalui pemeriksaan cepat (rapid test). “Terhadap pasien bergejala, seperti batuk, demam, dan kehilangan indra penciuman dilakukan swab. Terhadap pasien tidak bergejala dengan hasil rapid test reaktif cukup isolasi mandiri selama 14 hari,” terangnya.

Ia mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk melakukan pemeriksaan swab untuk pasien rawat inap yang diduga terpapar Covid-19, sementara puskesmas mengambil swab untuk pasien rawat jalan. “Pasien rawat jalan itu diambil sampel swab di puskesmas. Sementara ini baru dua puskesmas yang diaktifkan untuk mengambilan sampel swab, disuesuaikan dengan kondisi dan kasus,” tegasnya.(ris)