Banggai Brother’s

Harga Komoditas Perlahan Naik, Gurita Kembali Dibeli, Kopra Capai Rp 1 Juta

BANGGAI, LUWUK POST-Secara perlahan komoditas di sektor kelautan dan perkebunan mulai membaik. Meski begitu, petani dan nelayan tetap waspada akan merosotnya harga komoditas.

Harga kopra hingga pekan ini telah menyentuh angka Rp 1 juta per 100 kilogram dari sebelumnya hanya sekitar Rp 500 ribu. Karena itu, saat ini petani mulai mengolah kembali kelapa dalam.

Informasi yang dihimpun Harian Luwuk Post, kenaikan harga kopra secara drastis sejak November 2020. Dari Rp 750 ribu per 100 kilogram, mengalami kenaikan secara konsisten hingga menyentuh Rp 1 juta. “Belum bisa diperkirakan apakah naik terus atau malah turun lagi,” ujar seorang pengepul di Banggai, Kabupaten Banggai Laut.

Di sektor kelautan, gurita kembali dibeli oleh pengepul dengan harga Rp 26 ribu per kilogram. Sebelumnya, ketika awal pandemi Covid-19, harga gurita jatuh dan tak ada pengepul yang membeli untuk dijual lagi ke luar daerah atau diekspor. “Sudah mulai dibeli,” kata Tabu, seorang pengepul di Desa Popisi, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Laut, Jumat (18/12).

Menurut Tabu, meski kembali dibeli, tetapi nelayan masih urung mencari gurita, sebab harganya masih cukup rendah. Ia mencotohkan, saat ini di Desa Lokasi, Kabupaten Banggai Kepulauan, harga ikan sunu tengah melejit, nelayan memilih memancing sunu. “Nelayan mengikuti situasi pasar, mana yang mahal itu yang dicari,” katanya. (ali)