Jalan Kaki 8 Jam, Lewati Hutan, Nyebrang Sungai dan Mendaki Gunung

Redaksi Luwuk Post
DISTRIBUSIKAN LOGISTIK: Perjuangan petugas KPPS dan aparat TNI-Polri saat membawa logistik Pilkada Serentak 2020 di TPS 3, Dusun Bohinunuk, Desa Simpang 2, Kecamatan Simpang Raya pada 8 Desember 2020.[Foto: Istimewa]
DISTRIBUSIKAN LOGISTIK: Perjuangan petugas KPPS dan aparat TNI-Polri saat membawa logistik Pilkada Serentak 2020 di TPS 3, Dusun Bohinunuk, Desa Simpang 2, Kecamatan Simpang Raya pada 8 Desember 2020.[Foto: Istimewa]
Menyelisik Tugas Memasok Logistik Pilkada di Pelosok  Simpang Raya 

Jalan Kaki 8 Jam, Lewati Hutan, Nyebrang Sungai dan Mendaki Gunung

PESTA demokrasi di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada 9 Desember 2020 lalu, berjalan aman dan lancar. Itu semua tidak terlepas dari perjuangan aparat penyelenggara Pilkada dan TNI-Polri. Mereka berjibaku siang dan malam, demi menyukseskan agenda nasional ini.

Di wilayah Kecamatan Simpang Raya, perjuangan petugas PPS dan KPPS serta aparat TNI-Polri tidak mudah. Mereka harus kerja ekstra. Tidak hanya menahan rasa kantuk dan capai, tetapi juga harus menyediakan tenaga lebih saat membawa logistik Pilkada menuju TPS 3, Dusun Bohinunuk, Desa Simpang 2, Kecamatan Simpang Raya pada 8 Desember 2020.

Jalan menuju Dusun Bohinunuk, tidak memiliki akses jalan setapak, apalagi beraspal. Sehingga petugas membutuhkan waktu 8 jam berjalan kaki. Perjalanan dimulai dari Desa Lokait, Kecamatan Simpang Raya.

Tidak hanya berjalan kaki di medan yang landai, petugas harus menyeberangi sungai berarus deras berkali-kali, mendaki serta menyusuri bukit hingga bisa sampai di Dusun Bohinunuk.

“Mereka ada 9 orang. Dua orang adalah anggota Polsek dan Koramil Bunta, sedangkan sisanya petugas KPPS serta masyarakat setempat,” ungkap Kapolsek Bunta, Iptu Nanang Afrioko, Kamis (10/12).

Ada dua kotak suara yang dipikul warga, yaitu kotak berisi surat suara calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah, dan surat suara calon calon bupati dan wakil bupati Banggai. Selain itu,  juga dibawa bilik suara serta dokumen lainnya untuk keperluan pemungutan hingga perhitungan suara.

“Semua logistik itu dikemas dengan plastik, agar tidak rusak. Sebab, medan yang dilewati berat, dan rentan diguyur hujan,” beber Nanang.

Selain medan yang sulit, petugas juga terkendala jaringan telekomunikasi. Sehingga persiapan harus matang, baik saat pemberangkatan hingga kembalinya logistik Pilkada ke PPS. “Jalan kaki 8 jam, lewati hutan, gunung dan sungai. Tidak ada akses jalan raya untuk kendaraan. Juga tidak ada jaringan komunikasi, apalagi jaringan internet,” paparnya.

Dengan hambatan alam yang menantang, tidak membuat petugas KPPS dan aparat TNI-Polri berkeluh kesah. Mereka tetap menjalankan tugas dengan baik, dan profesional demi menyukseskan Pilkada Serentak 2020.

“Alhamdulillah, petugas yang berangkat bisa kembali lagi dengan selamat. Dan proses pemungutan suara di Dusun Bohinunuk berjalan sukses,” ucap Nanang.

Terpisah, Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto, sangat bangga dan memberikan apresiasi atas upaya dan kerja keras anggotanya yang melaksanakan tugas pengamanan TPS di pelosok Kecamatan Simpang Raya. Apresiasi serupa juga diberikan kepada prajurit TNI dan penyelenggara Pilkada. “Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel Polri, khususnya yang melaksanakan pengamanan TPS bersama rekan-rekan TNI dan penyelenggara Pilkada,” ucap Satria.

Dikatakan, itu semua adalah dedikasi dalam mewujudkan pengabdian terbaik demi bangsa dan negara ini. “Terlebih dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Banggai,” tuturnya. (awi)

 

 


Komentar

Berita Berikutnya

PKB “Patahkan” Mitos Tak Pernah Menang di Pilkada Banggai

LUWUK, LUWUK POST-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Banggai patut berbangga. Selain dapat mengantarkan pasangan Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili (AT-FM) sebagai bupati dan wakil bupati Banggai, partai ini juga berhasil mematahkan mitos tak pernah menang di Pilkada Banggai. Sejak pemilihan langsung kepala daerah di Kabupaten Banggai digelar hingga tahun 2015, PKB belum […]
PATAHKAN MITOS: Ketua DPD PKB Kabupaten Banggai, Syafrudin Husain bersama Calon Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka, menjemput SK PKB di Jakarta, beberapa waktu lalu. [Foto: Istimewa]