Politik

Musda Golkar Banggai Menunggu Instruksi DPD I

LUWUK, LUWUK POST-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Banggai tahun 2020 telah usai. Namun hingga kini belum ada kabar, kapan DPD II Partai Golkar Kabupaten Banggai akan melaksanakan musyawarah daerah (Musda) ke sepuluh tahun 2020.

Ketua Bappilu DPD II Partai Golkar Kabupaten Banggai, Irwanto Kulap, mengatakan, musda partai yang mengusung pasangan Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili (AT-FM) pada Pilkada Banggai 2020 ini, sejatinya dilaksanakan pada Agustus lalu. Namun karena satu dan lain hal, agenda akbar partai beringin rindang tersebut digeser setelah Pilkada.

“Di Sulteng ada tiga daerah yang tertunda, yakni Sigi, Palu dan Kabupaten Banggai,” ujar Irwanto Kulap, Senin (14/12).

Agenda musda lanjut Aleg jebolan dapil II ini, masih menunggu instruksi langsung dari DPD I Partai Golkar Sulteng. Namun sebelum instruksi itu turun, DPD II lebih dulu mengusulkan. “Pada dasarnya DPD II sudah siap,” tandasnya.

Terlepas dari agenda musda, nama siapa calon kuat pengganti Samsul Bahri Mang selaku mantan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Banggai mulai bermunculan. Beberapa nama itu yakni Sarifudin Tjatjo, Ko Sin, dan Irwanto Kulap.

Disinggung sebagai kandidat kuat pengganti Samsul Bahri Mang, Irwanto Kulap memberikan pernyataan normatif. Menurutnya, DPD II Partai Golkar Kabupaten Banggai memiliki kader yang cukup cakap dalam memikul tanggung jawab sebagai ketua kedepan.

“Golkar tidak miskin kader. Ada beberapa yang cukup pantas. Di DPRD ada 4 orang di luar Samsul Bahri Mang. Seperti Sarifudin Tjatjo, Yolanda Antuke, Sudan Latjeno, dan saya. Sementara di luar DPRD ada nama Ko Sin dan Udi Makarawo,” terangnya.

Bagi dirinya, maju sebagai kandidat pengganti Samsul Bahri Mang belum terpikirkan. Namun untuk hari ini. Tidak menutup kemungkinan pikiran tersebut berubah.

“Saya tidak mengatakan siap atau tidak siap. Yang jelas hari ini saya belum ada pikiran maju di musda,” imbuhnya. (and)