PDAM Bangkep Janji Bakal Perbaiki Pelayanan
LUWUK, LUWUK POST—Menanggapi sejumlah keluhan warga tentang air bersih, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) berjanji akan memberikan pelayanan secara maksimal kepada warga Bangkep.
Pj. Direktur Utama PDAM Kabupaten Bangkep, Tata Tadjudin, menjelaskan, dua masalah yang dihadapi saat ini berkaitan dengan kurang maksimalnya pelayanan air bersih di Bangkep adalah, tingkat kebocoran air pada pipa, dan sistem pengaliran air bersih dalam pipa distribusi sampai ke rumah warga.
“Kebocoran air pada pipa cukup besar, mencapai empat puluh persen. Sejatinya hal ini tidak terjadi, sebab toleransi yang diproyeksikan atau diberikan dalam pelayanan air bersih sebanyak dua puluh persen,” jelas Tata kepada wartawan, (7/12/2020).
Terkait hal itu, PDAM berjanji akan melakukan pembenahan kebocoran air pada pipa, baik di wilayah Kota Salakan, maupun di wilayah lainnya, yang berada di bawah pelayanan PDAM Bangkep.
Pembenahan juga akan dilakukan PDAM terhadap sistem pengaliran air di masing-masing unit, hingga mencapai hasil maksimal.
Capaian target itu akan dilakukan secara berkesinambungan, sehingga PDAM akan lebih profesional dalam melayani masyarakat secara keseluruhan.
“Kita sudah memulai hal itu sekarang. Setelah bekerja dua puluh hari, hasilnya kami mampu memenuhi kebutuhan air bersih, di perkantoran, wilayah pemukiman, Bukit Trikora dan sekitarnya,” terang dia.
Setelah 20 hari pekerjaan dilakukan, tidak terdapat lagi sistem pembagian jam waktu pelayanan. Ini menunjukkan kemampuan debet air di Salakan, tepatnya di sumber mata air Paisu Sinangkal telah mencukupi. “Dan harusnya memang kendala itu tidak terjadi sebelumnya,” ujarnya.
Bercita-cita untuk memberikan pelayanan 24 jam di Bangkep, PDAM di bawah kepemimpinan Tata, akan mengutamakan perbaikan pelayanan. Olehnya itu, pihaknya akan lebih intensif dalam menjalankan tanggung jawab pendistribusian air bersih sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.
Tata juga berjanji akan merealisasikan beberapa rencana jangka panjangnya, yang berkaitan dengan profesionalisme perusda. Di antaranya, melakukan pemasangan air pipa distribusi, menambah debet air baku sesuai dengan pertumbuhan populasi masyarakat, dan mendigitalisasi pelayanan sistem air bersih.
Sebagai perusahaan daerah, PDAM akan mengembangkan bisnis serta perannya dalam pembangunan di daerah, dengan menciptakan air siap minum ke setiap rumah yang ada di wilayah pelayanannya.
“Iya. Ini juga penting, sebab ke depannya tuntutan kualitas dan kecepatan akan semakin tinggi,” tukasnya
Untuk meningkatkan kesejahteraan pegawainya, PDAM akan melakukan pengembangan usaha dengan mendirikan koperasi kuliner dan mengadakan wisata air.
Diinformasikan Tata, bahwa saat ini pihaknya tengah membuka pelayanan penyambungan baru berbiaya murah, diperuntukkan bagi warga berpenghasilan rendah atau keluarga prasejahtera. Pelayanan sambungan murah itu dimulai bulan ini, hingga akhir Desember (31/12).
“Karena kami tahu, banyak saudara kita yang ingin mendapatkan pelayanan air bersih PDAM, tapi terkendala biaya,” tutupnya terkait pelaksanaan pelayanan dimaksud. (tr-01)