Politik

Pleno 12 Kecamatan, AT-FM Unggul

LUWUK, LUWUK POST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai mulai menggelar pleno rakapitulasi suara tingkat kabupaten, yang dilaksanakan di Hotel Swiss-Belinn Luwuk, Senin (14/12).

Hari pertama pleno rekapitulasi suara tersebut diikuti oleh 12 kecamatan, yakni Kecamatan Bunta, Simpang Raya, Lobu, Nambo, Balantak Utara, Kintom, Batui, Balantak Selatan, Luwuk Utara, Masama, Batui Selatan dan Toili Barat.

Dari pleno yang digelar sejak pagi hingga malam tersebut, pasangan Amiruddin Tamoreka-Furqanuddin Masulili (AT-FM) masih unggul dari dua rivalnya, yaitu Herwin Yatim-Mustar Labolo (WinStar), dan Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU).

Berdasarkan pleno 12 kecamatan itu, AT-FM meraih 39.114 suara, WinStar 28.423 suara dan HATIMU 21.047 suara. Artinya, terdapat selisih 10.691 suara antara pasangan AT-FM dan WinStar.

Saksi pasangan AT-FM, Herdianto Djiada, mengatakan, pleno rekapitulasi suara untuk 11 kecamatan lainnya akan kembali digelar pada Selasa (15/12).

“Besok (hari ini, red) lanjut 11 kecamatan,” ujarnya.

Herdi menegaskan bahwa pihaknya akanĀ  terus mengawal perhitungan suara di tingkat kabupaten, untuk memastikan tidak ada satu pun suara AT-FM yang bergeser.

“Kita akan terus mengawal pergerakan suara AT-FM sampai pleno selesai. Sehingga tidak ada satu pun suara AT-FM yang bergeser, sambil menunggu putusan KPU,” tandasnya. (and)