Politik

Warning Muharram Nurdin Jadi Momok untuk Aleg PDI-P Banggai

LUWUK, LUWUK POST-Perhitungan suara hasil Pilkada Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2020, masih berlanjut. Berdasarkan hitung cepat KPU di 12 kabupaten dan 1 kota di Sulteng, Senin (14/12), pasangan nomor urut 2 Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir (Cudi-Ma’mun), unggul 242.513 suara dari pasangan nomor urut 1 Hidayat Lamakarate dan Bartholomeus Tandigala (Hidayat-Bartho).

Di Kabupaten Banggai sendiri, hitung cepat KPU juga menempatkan pasangan Cudi-Ma’mun di urutan pertama, dengan selisih 17.415 suara dari pasangan Hidayat-Bartho yang diusung oleh Partai Gerindra dan PDI-P.

Berkaitan dengan perolehan suara sementara itu, Ketua DPD PDI-P Sulteng, Muharram Nurdin, sebelumnya telah memberikan warning bagi 10 anggota DPRD Kabupaten Banggai, dalam rangka memenangkan pasangan Hidayat-Bartho. Warning tersebut akan menjadi momok bagi Aleg PDI-P di DPRD Banggai, terlebih jika pasangan Hidayat-Bartho benar-benar kalah dalam kontestasi Pilkada Sulteng, khususnya di Kabupaten Banggai.

Pada momen deklarasi pasangan Hidayat-Bartho yang dilaksanakan di Gedung Graha Pemda, September 2020 lalu, Muharram Nurdin meminta kepada seluruh kader PDI-P di Kabupaten Banggai, untuk bekerja maksimal memenangkan pasangan Hidayat-Bartho.

“Kepada seluruh kader, saya minta untuk bekerja dengan baik dan menjaga maruah partai. Karena sejak pemilihan tahun 98, baik yang dilaksanakan di DPRD dan maupun secara langsung, PDI-P tidak pernah kalah di Kabupaten Banggai,” ujar Muharram Nurdin.

Ia pun memberikan warning kepada 10 Aleg PDI-P di DPRD Banggai untuk bekerja maksimal memenangkan pasangan tersebut. Pasalnya, pasangan yang merupakan rival dari Hidayat-Bartho pernah ditumbangkan PDI-P sebanyak dua kali di Kabupaten Banggai pada Pilkada Sulteng.

“Lawan kita ini pernah dikalahkan PDI-P, dua kali di Banggai. Kalau pasangan ini kalah, maka kerja anggota DPRD tidak becus. Dan kalau seperti itu sudah tahu risikonya,” tandasnya.

Pada kesempatan itu juga, Muharram Nurdin, menargetkan kemenangan Hidayat-Bartho di Kabupaten Banggai sebesar 70 persen.

“Kabupaten Banggai adalah pemilih kedua terbanyak, di bawah Parigi Moutong. Sehingga kader harus benar-benar kerja. Paling tidak Kabupaten Banggai menang sampai dengan 70 persen,” pungkasnya. (and)