Kampus Terbaik Versi Webometrics, Unismuh Luwuk Peringkat 94 Se-Indonesia

Redaksi Luwuk Post
Sutrisno K Djawa
Sutrisno K Djawa

 

LUWUK, LUWUK POST-Awal tahun 2021 ini, Webometrics kembali merilis rangking perguruan terbaik di Indonesia. Melalui laman web Webometrics.info, disampaikan Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil menduduki peringkat 1.

Sementara perguruan tinggi dari Kabupaten Banggai, hanya Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk yang berhasil menembus peringkat 100 besar. Kampus tersebut berada di urutan ke 94.  Bahkan di wilayah Sulawesi Tengah, kampus pimpinan Sutrisno K Djawa itu hanya kalah dari Universitas Tadulako yang berada di peringkat 52.

Posisi Unismuh tersebut mengalami peningkatan dari posisi sebelumnya. Webometrics yang mengumumkan pemeringkatan Juli 2020, Unismuh Luwuk berada di posisi 121 se-Indonesia.

Rektor Unismuh, Sutrisno K Djawa mengatakan, bertengker di posisi 94 se-Indonesia merupakan sebuah prestasi. Unismuh Luwuk mampu mengalahkan perguruan tinggi ternama lainnya yang ada di Sulawesi Tengah. “Hasil ini bagus. Prestasi ini tidak terlepas dari kerja-kerja semua stakeholder dalam mempromosikan Unismuh Luwuk,” jelasnya, Kamis (28/1).

Kedepan, sambung Sutrisno, prestasi ini akan menjadi motivasi bagi  Unismuh Luwuk untuk terus berbuat yang terbaik. Semua potensi yang ada harus dimobilisasi. Biar semua stakehokder bergerak. “Kerjasama harus ditingkatkan. Agar kampus bisa maju,” tandasnya.

Seperti diketahui, Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, merupakan kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Pemeringkatkan dilakukan sejak 2004 yang bertujuan untuk mempromosikan keterbukaan akses  terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Pada tahun ini, terdapat sekitar 31.000 perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

Peringkat yang diperoleh perguruan tinggi telah melalui penilaian dari Webometrics. Ada tiga indikator, yakni impact atau visibility, openness atau transparency, serta excellence. Ketiga indikator yang digunakan pada pemeringkatan tahun ini tidak berbeda dengan indikator penilaian pada tahun sebelumnya. Dan Webometrics merilis hasil pemeringkatan dua kali per tahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. (leb)

 

 


Komentar

Berita Berikutnya

SMKN 1 Luwuk Masih Menunda Kegiatan PSG

LUWUK, LUWUK POST-Hingga saat ini, SMK di Kabupaten Banggai belum diizinkan untuk melaksanakan kegiatan praktik dalam bentuk apapun. Termasuk praktik di dunia kerja. Kebijakan tersebut diambil karena pandemi COVID-19 di wilayah ini belum menunjukan angka penurunan. Salah satu sekolah yang masih menunda kegiatan praktik bagi siswa kelas XIII adalah SMK […]
Hasdin Molomban