Penertiban Lantas Dekat Pasar Salakan Terus Ditingkatkan

Redaksi Luwuk Post
PASAR SALAKAN: Ruas jalan di depan pasar Salakan yang dilakukan penertiban. [Foto: Rifan/Luwuk Post]
PASAR SALAKAN: Ruas jalan di depan pasar Salakan yang dilakukan penertiban. [Foto: Rifan/Luwuk Post]

 

LUWUK, LUWUK POST—Banyaknya kendaraan yang diparkir di pinggir jalan depan Pasar Sentral Salakan setiap pagi, membuat ruas jalan itu tampak sesak untuk dilewati. Kondisi itu akan berangsur tertib, saat LLAJ Dinas Perhubungan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melakukan penertiban.

Pantauan koran ini, kondisi itu berlangsung setiap hari, sekira pukul 07.00 hingga pukul 09.00 lebih beberapa menit, atau ketika LLAJ Dishub mulai melakukan penertiban, pada pukul 08.00.

Kepala Dishub Bangkep, Joko Prihantoro menjelaskan, jauh sebelum itu pihaknya telah menyediakan lahan parkir tepatnya di depan Pantai Indah Salakan (PIS). Lahan itu diperuntukkan bagi pembelanja yang punya kendaraan sendiri. Tapi mereka lebih memilih memarkir kendaraannya di pinggir jalan agar tidak jauh dari tempat belanjanya.

“Masyarakat yang mau belanja kan, maunya praktis. Mereka tidak mau kendaraannya jauh dari pintu keluar masuk, sehingga kendaraan di parkir di pinggir jalan. Padahal itu membuat jalan terasa semakin sempit,” tutur Joko kepada koran ini di ruang kerjanya, Kamis (28/1/2020).

Olehnya itu, Dishub sampai saat ini memberlakukan jalan satu arah, bagi pengguna jalan yang melewati jalan di depan pasar setiap paginya. Hal itu dilakukan untuk menghindari kemacetan sementara. Jika tidak demikian, maka kondisinya akan berlangsung sampai pukul 10.00

“Dari LLAJ pun setiap pagi saya sudah perintahkan, untuk melaksanakan piket penertiban. Jadwal piketnya juga saya sudah susun,”  ujarnya.

Ke depannya, pihaknya juga akan lebih memperketat penertiban dengan memasang plakat sebagai tanda parkir di samping terminal di PIS, khusus warga yang punya kendaraan sendiri. (tr-01)


Komentar

Berita Berikutnya

Kampus Terbaik Versi Webometrics, Unismuh Luwuk Peringkat 94 Se-Indonesia

  LUWUK, LUWUK POST-Awal tahun 2021 ini, Webometrics kembali merilis rangking perguruan terbaik di Indonesia. Melalui laman web Webometrics.info, disampaikan Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil menduduki peringkat 1. Sementara perguruan tinggi dari Kabupaten Banggai, hanya Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk yang berhasil menembus peringkat 100 besar. Kampus tersebut berada di urutan […]
Sutrisno K Djawa