TNI-Polri Tingkatkan Operasi Yustisi

Redaksi Luwuk Post
Aparat TNI-Polri saat memasang masker kepada anak-anak di Kecamatan Lamala. [Foto: Istimewa]
Aparat TNI-Polri saat memasang masker kepada anak-anak di Kecamatan Lamala. [Foto: Istimewa]

LUWUK, LUWUK POST— Aparat TNI-Polri mendukung upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan terus menyosialisasikan penggunaan masker sebagai alat pelindung diri.

Seperti yang dilakukan aparat TNI-Polri di Jalan Trans Sulawesi, Kecamatan Lamala, Kamis (28/1). Kapolsek Lamala AKP I Nyoman Dunia mengatakan, pembagian masker gratis tersebut merupakan implementasi dan bentuk dukungan terhadap pemerintah guna memutus mata rantai Covid-19.

“Ada beberapa penguna jalan termasuk anak-anak yang kita temukan tidak pakai makser dan langsung diberikan makser,” kata dia.

Selain itu, lanjut mantan Kapolsek Pagimana ini, pihaknya juga mengimbau agar para pengguna jalan selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak serta menjahui kerumunan.

“Pembagaian masker dan imbauan ini untuk  mengingatkan masyarakat untuk sadar protokol kesehatan,” kata Nyoman.

Mantan Kapolsek Toili ini berharap, upayanya tersebut dapat berdampak signifikan. Sehingga kesadaran warga terhadap penerapan pola hidup sehat lebih meningkat.

Terpisah, puluhan pengendara, pembali dan pedagang di pasar desa Gori-gori, Kecamatan Batui Selatan terjaring razia protokol kesehatan yang digelar petugas gabungan TNI-Polri, Kamis (28/1).

“Operasi pendisplinan protokol kesehatan kali ini sebanyak 21 warga yang terjaring tidak pakai masker,” ungkap Kapolsek Batui Iptu IK. Yoga Widata.

Para pelanggar protokol kesehatan yang terjaring langsung diberikan sanksi sosial; memungut sampah yang berada di sekitar lokasi operasi.

Salah satu pengunjung pasar menyatakan, bahwa dirinya akan berjanji mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker jika keluar rumah.

“Saya berjanji akan mematuhi protokol kesehatan dan pakai masker jika keluar rumah, dan tidak lagi mengulangi kesalahan saya lagi,” ucapnya.

Sementara Kapolsek Toili AKP Candra menghadiri rapat penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di kantor Camat Moilong. Pada kesempatan itu, Candra mengatakan bahwa wabah Covid-19 masih terjadi. Olehnya itu, TNI-Polri sipa mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyabran virus.

“Dan kami TNI-Polri siap backup pemerintah dalam menegakkan aturan-aturan dalam rangka pencegahan Covid-19,” kata dia.

Rapat ini digelar guna menindak lanjuti surat edaran Bupati Banggai nomor: 443.1/0095/Dinkes tanggal 25 Januari 2021 tentang larangan dan pembatasan segala bentuk kerumunan dalam pencegahan Covid-19 di Kabupaten Banggai. (awi)


Komentar

Berita Berikutnya

Mencegah Konflik Masuknya Investasi Nikel, KBO Satreskrim Polres Banggai: Transparansi-Sosialisasi itu Penting

LUWUK, LUWUK POST— Aparat kepolisian ikut memberikan pertimbangan keamanan dalam sidang Komisi Penilai Amdal (KPA) rencana kegiatan pertambangan biji nikel di Kecamatan Batui, Batui Selatan dan Toili. Dalam sidang Amdal PT Banggai Kencana Permai itu, KBO Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Banggai Iptu Teddy Polii menyatakan, pihaknya siap mengamankan sepanjang […]
SIDANG AMDAL: Suasana sidang Amdal PT Banggai Kencana Permai di Hotel Santika Luwuk, Senin (25/1) lalu. [Foto: Asnawi Zikri/Luwuk Post]