Warga Totikum Selatan Minta PLN Seriusi Gangguan Listrik

Redaksi Luwuk Post
Kantor PLN Sub ULP Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). [Foto : Rifan / Luwuk Post]
Kantor PLN Sub ULP Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). [Foto : Rifan / Luwuk Post]

SALAKAN, LUWUK POST-Warga Kecamatan Totikum Selatan (Totsel) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) meminta PLN melakukan perbaikan serius terkait listrik yang seringkali mendadak padam di malam hari.

Winter H. Latta warga setempat menuturkan, selama lebih dari seminggu belakangan warga Kecamatan Totsel dihadapkan dengan kondisi pemadaman listrik. Akibatnya, banyak aktifitas warga di malam hari yang tidak bisa dilakukan.

“Biasanya kalau mati dari jam delapan, itu nanti jam-jam tiga baru menyala lagi. Kalau sudah begitu, pekerjaan apa yang bisa selesai,” keluh Winter, warga Desa Kalumbatan, Selasa (19/1/2020).

Warga desa Kalumbatan menurut dia, sebagian mengantungkan penghasilan hariannya pada penjualan es batu, baik untuk untuk pengawetan ikan, penjualan bahan makanan dan sebagainya. Sehingga jika listrik mengalami gangguan, itu akan berpengaruh pada penghasilan warga. Kualitas ikan yang dijual pun akan menurun.

Winter juga mengaku sangat khawatir dengan listrik yang serinkali padam malam hari. Sebab hal itu dapat menimbulkan kepanikan berlebihan bagi warga jika gempa terjadi secara tiba-tiba. Olehnya itu, walau pun siang hari listrik tidak normal, ia berharap agar malam hari tetap menyala.

“Masyarakat kan sudah trauma dengan gempa tahun 2000. Apalagi sekarang ini gempa hampir setiap bulan terjadi. Akibatnya banyak warga yang jadi korban bukan karena gempa tapi karena kepanikannya,” ucapnya.

Olehnya itu ia berharap agar penanggung jawab PLN Salakan mempercepat perbaikan gangguan listrik yang terjadi di wilayah Totsel. Sehingga listrik segera bisa normal kembali, agar warga bisa nyaman menjalankan aktifitas malam. Terutama yang menggantungkan penghasilannya pada sumber daya listrik bisa lancar. (tr-01)


Komentar

Berita Berikutnya

Burung Indonesia dan Salanggar Gelar FGD Soal Keanekragaman Hayati

SALAKAN, LUWUK POST-Organisasi Konservasi Nasional Burung Indonesia bersama Komunitas Konservasi Lokal Salanggar menggelar Focus Group Dicussion (FGD) di aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banggai Kepulauan (Bangkep), Selasa (19)1/2020). Materi FGD dibawakan langsung oleh perwakilan dari Burung Indonesia dan Salanggar. Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Bappeda, Dinas PUPR, Dinas […]
GELAR FGD: Burung Indonesia dan Komunitas Pemerhati Lingkungan Lokal Salanggar Bangkep saat memaparkan materi hasil survei hewan endemik Bangkep di depan sejumlah OPD terkait, di aula Kantor DLH Bangkep, Selasa, (19/1/2020). [Foto: Rifan/Luwuk Post]