Headlines

Puskesmas Banggai Jadi Lokasi Pencanangan Vaksinasi di Balut

BANGGAI, LUWUK POST– Vaksin Covid-19 secara bertahap tiba di daerah. Di Kabupaten Banggai Laut rencananya akan dimulai, Kamis (3/2) pagi pukul 08.00 di Puskesmas Banggai.

Asisten Administrasi Umum Setda Banggai Laut Mohamad Sardin Pilisi akan membuka secara resmi pencanangan vaksinasi di daerah ini. “Tapi saya tidak divaksin,” jelasnya di kantor bupati setempat.

Informasi yang dihimpun, vaksin tiba di Pelabuhan Banggai, Selasa (2/2). Pada Rabu (3/2) sore persiapan lokasi vaksinasi di Puskesmas Banggai telah dilakukan. Tenda telah berdiri dan dibentangkan ajakan vaksinasi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan, P2, dan KB Banggai Laut, Zulkifli Panggato mengemukakan, vaksinasi pertama akan menyasar tenaga kesehatan, pejabat daerah, dan tokoh masyarakat. Vaksinasi tahap kedua baru akan menyasar masyarakat secara umum. “Tapi ingat tidak semua orang akan divaksin. Kita juga minta tokoh-tokoh nanti,” ujarnya.

Zulkifli menjelaskan, terdapat kategori masyarakat yang tak bisa divaksinasi, di antaranya memiliki penyakit penyerta seperti gangguan ginjal, selain itu terdapat batas usia. “Ada yang juga (usia) di atas 60,” katanya.

Vaksin Covid-19 di Kabupaten Banggai Laut akan diseberangkan lagi. Sebab, terdapat Puskesmas di Kecamatan Labobo, Bangkurung, dan Bokan Kepulauan. Tiga wilayah ini memiliki jarak tempuh berbeda-beda. Sementara 4 kecamatan lain berada di Pulau Banggai yang hanya membutuhkan perjalanan 1-2 jam dari ibu kota kabupaten.

Menuju Kecamatan Labobo hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam, sementara ke Bangkurung membutuhkan 2-4 jam, lalu ke Bokan Kepulauan 4-5 jam. Jika ingin lebih cepat harus menggunakan perahu motor cepat. (ali)