Satlantas Polres Palu Gencar Razia Balapan Liar Selama Ramadan

Redaksi Luwuk Post
RAZAI BALAP LIAR: Tim Satlantas Polres Palu berpatroli di beberapa titik ruas jalan yang kerap dijadikan arena balapan liar. [Foto Dokumentasi Polres Palu]

PALU, LUWUK POST—Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu menggencarkan razia rutin di bulan Ramadan. Razia rutin dikhususkan mengantisipasi balapan liar yang kian marak belakangan ini.

Peningkatan razia serta patroli rutin dilaksanakan, menyusul banyaknya laporan masyarakat terkait aksi balapan liar yang terjadi di cumi cumi taman ria. Razia balapan liar ini mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang bisa saja terjadi.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Palu Iptu Cahya Timur mengatakan, dalam sebulan terakhir terus melaksanakan kegiatan itu, sekaligus melakukan sosialisasi di jalan raya.

Tim yang dilibatkan dalam razia serta patroli rutin tersebut yaitu, unit Dikmas terkait sosialisasi ketertiban lalu lintas, dan protokol kesehatan Covid-19, serta untuk penindakan penegakan hukum di bidang ketertiban lalu lintas di pegang oleh unit Satlantas.

“Untuk patroli rutin kita bagi dua tim, tim Dikmas untuk sosialisasi Prokes Covid-19 dan sementara untuk Satlantas menangani penindakan, pelanggaran kasat mata seperti penggunaan helm, muatan yang berlebihan, dan pelanggaran yang bisa menimbulkan terjadinya Lakalantas,” ungkap Iptu Timur.

Dia mengakui, khusus untuk setiap malam minggu, pihaknya perintahkan kepada anggota Lantas yang bertugas untuk melakukan penertiban secara menyeluruh menangkap pelaku balap liar. Dari hasil penindakan yang dilakukan sepekan terakhir, setidaknya ada belasan kendaraan roda dua beserta pemiliknya yang melakukan balap liar atau menggunakan knalpot racing telah diamankan .

“Sanksi yang diterapkan terkait kendaraan yang balapan liar tersebut yaitu, dengan mewajibkan bagi pemilik sepeda motor untuk memasang knalpot standar, sementara knalpot racing kami sita untuk dimusnahkan nantinya. Kemudian sanksi tindakan penegakan hukum tentu harus diberi surat tilang sebelum motor mereka diambil,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Iptu Timur menambahkan, terkait dengan balapan liar, pihak Satlantas Polres Palu secara rutin terus melakukan patroli dan merazia tempat-tempat yang selama ini dijadikan oleh para kelompok anak muda untuk melakukan balapan liar, salah satu titik yang menjadi sasaran adalah jalan Cumi cumi Taman ria dan Jalan poros Huntap belakang Untad Palu.

Atas hal tersebut, Pihak Kepolisian Resor Palu menghimbau kepada komunitas atau kelompok anak muda yang ada di wilayah hukum Polres Palu, agar tidak melakukan balapan liar. Sebab, selain membahayakan para pengendara, terlebih dari para peserta balapan tersebut masih tergolong di bawah umur.

Selain imbuan untuk pengendara, Polisi juga meminta peran orang tua agar terus mengawasi anak-anaknya dan tidak melepas begitu saja ketik keluar rumah, agar tidak melakukan aksi-aksi yang bisa mengganggu ketertiban berlalulintas serta ketentraman masyarakat Palu. (bas)


Komentar

Berita Berikutnya

Instrumen Prodi Bisnis Digital Diunggah ke Silemkerma

LUWUK, LUWUK POST-Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) telah mengantongi rekomendasi pembukaan program studi (Prodi) Bisnis Digital dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLdikti) Wilayah XVI Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara. Usai mendapat rekomendasi tersebut, FEB UMLB langsung menindaklanjutinya. Instrumen pembukaan prodi Bisnis Digital diunggah ke […]