Bappeda Litbang Laksanakan Pembahasan Rancangan Awal RPJMD

Redaksi Luwuk Post

Penandatanganan berita acara kesepakatan Forum Konsultasi Publik oleh hadirin, Bupati serta pimipinan DPRD Banggai, Rabu (23/6). [Foto: Abdy Gunawan/Luwuk Post.id]
LUWUK, LUWUK POST.id – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kabupaten Banggai melaksanakan Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di ruang rapat Pahangkabotan Bapedda Litbang Rabu (23/6).

Sekretaris Bappeda Litbang Banggai, mengatakan, Subhan Lanusi, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.86 Tahun 2017, Permendagri No.70 Tahun 2019 dan Permendagri No.90 Tahun 2019.

“Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk memenuhi tahapan dalam penyusunan RPJMD Banggai tahun 2021-2026 sesuai ketentuan Permendagri No.86 Tahun 2017 guna mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan dokumen RPJMD,” imbuhnya.

Dalam sesi pemaparan rancangan awal RPJMD, Kepala Bappeda Litbang, Ramli Tongko menyebutkan, isu strategis yang menjadi esensi dari RPJMD sendiri ada 9 yaitu, kualitas sumber daya manusia, kemiskinan dan pengangguran, keterbatasan infrastruktur dan kesenjangan wilayah, universal akses 100-0-100, pengelolaan SDA/keunggulan lokal daerah, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta transportasi digital, penataan ruang, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana daerah, tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayan publik dan yang terakhir dampak covid-19.

“Kita juga menurunkan visi dan misi Bapak Bupati menjadi beberapa program yang dinamakan Mayor Proyek, salah satunya adalah program Satu Juta Satu Pekarangan. Nah program itu bukan pengadaan bantuan tunai seperti yang banyak orang pahami, tetapi bantuan untuk pemanfaatan pertanian terintegrasi, seperti pengadaan bibit, peralatan untuk berkebun, beternak, dan lain-lain,” sambung dia.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin langsung oleh Bupati Banggai. Peserta yang hadir secara bergantian bertanya dan memberi masukan kepada Bupati Banggai terkait hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPJMD.

“RPJMD jangan hanya menjadi arsip atau ide-ide yang tersimpan di perpustakaan saja, melainkan semua harus diimplementasikan untuk kepentingan masyarakat,” sambung Amirudin Tamoreka di sela-sela diskusi.

Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Suprapto, di kesempatan yang sama berujar, DPRD siap mengawal penyusunan dan pelaksanaan RPJMD Pemerintah Daerah. Sesuai arahan Ketua DPC PDIP Banggai, Herwin Yatim, 10 Kursi Fraksi PDIP siap mendukung kebijakan Bupati Banggai.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka dan dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Banggai, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Daerah (Pemda), Ketua PKK Kabupaten Banggai, Perwakilan BUMD, Stakeholder, Organisasi Profesi , Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, sedangkan lebih dari 300 Orang  mengikuti kegiatan secara daring. Mereka merupakan Camat, Desa Dan Lurah di wilayah Banggai. Kegiatan ini disiarkan secara langsung pula melalui Youtube dan Facebook.  (abd)


Komentar

Berita Berikutnya

PAUD TK Adhyaksa Banggai Gelar Penamatan dan Kenaikan Kelas

  LUWUK, LUWUK POST.id-Sekolah PAUD TK Adhyaksa Banggai, baru saja melaksanakan penamatan dan kenaikan kelas, Kamis (24/6). Kegiatan yang berlangsung di gedung sekolah tersebut, dihadiri langsung oleh Kajari Banggai DR.Masnur, SH.,M.Hum.,MH, yang juga sebagai Pembina, kemudian Kadis Pendidikan, Nurdjalal Amir dan para orang tua murid. Salah seorang perwakilan orang tua […]