KPLH SAMPAH Tingkatkan Kapasitas 200 Pemerhati Lingkungan

Abdy Gunawan

Saat peserta menerima materi studi keanekaragaman hayati ikan gobi di Banggai. [Foto:Istimewa]
LUWUK, LUWUK POST.id – Kelompok Pemerhati Lingkungan Hidup Solidaritas Anak Muda Pecinta Alam (KPLH SAMPAH) menyelenggarakan kegiatan camping ground dan diskusi publik tentang alam dan lingkungan hidup di Kawasan Hutan Pinus Salodik, Desa Salodik, Kecamatan Luwuk Utara (12/6) yang diikuti kurang lebih 200 orang.

“Latar belakang kegiatannya didasarkan pada fungsi antara makhluk hidup dengan lingkungan yang di dalamnya terdapat hubungan dan interaksi yang sangat erat dan saling mempengaruhi antara kita sebagai manusia dan ekosistem, sehingga kita harus memahami peran kita masing-masing, selain itu juga, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memeriahkan hari lingkungan hidup sedunia,” ujar ketua panitia kegiatan tersebut, Salihuddin suling.

Ia juga menambahkan, tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai media kampanye dan wadah bagi pengembangan SDM pemerhati lingkungan, serta menarik perhatian pihak Pemerinta Daerah (Pemda) untuk lebih peduli pada kerusakan lingkungan dan penanganan terkait kebijakan lingkungan.

“Sasarannya adalah kita semua komunitas anak muda yang masih produktif berfikir untuk bisa sama-sama hadir, jadi tidak dibatasi,” imbuhnya.

Terkait diskusi publik yang dilaksanakan saat itu, ia menuturkan, pematerinya adalah aktivis dengan latar belakang pecinta alam, yaitu Martoni Ronte, Suparno Iba, Surya B.Bola dan Abdul Ganie dan moderatorny, Akbar Djumaan S.IP. Adapun materi yang diberikan adalah tentang keanekaragaman hayati, studi ikan gobi luwuk banggai, restorasi ekosistem, sdm dan fungsi relawan fire rescue dan ekofenomenologi.

Perihal keberadaan KPLH SAMPAH sendiri, ia menerangkan, kelompok tersebut berdiri pada tahun 2000, dan saat ini diketuai oleh Andi Sastrawan Manaba. Mereka konsen ke persoalan lingkungan dan kampanye penyelamatan kawasan hutan. (abd)


Komentar

Berita Berikutnya

Bedah Persoalan Agraria Banggai dan Perampasan Tanah Lewat Seminar

LUWUK, LUWUK POST.id – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kabupaten Banggai, Konsorsium Pembaharuan Agraria, dan Organisasi Kolektif Pemuda mengadakan kegiatan seminar dengan tema “Implementasi Kebijakan Reforma Agraria Di Kabupaten Banggai,” pada Rabu (16/6)  di Hotel Santika Luwuk, Kelurahan Tombang, Kecamatan Luwuk Selatan. “Kegiatan ini dilatar belakangi adanya keresahan masyarakat […]