Kades Bongganan : BLT Cukupi Kebutuhan Pokok Masyarakat

Rifan

Suasana Penyaluran BLT tahap III Peruntukan Bulan Maret Desa Bongganan, Kecamatan Tinangkung, di Aula Kantor Desa, Sabtu (17/7) [FOTO : RIFAN/LUWUK POST]
SALAKAN, LUWUK POST-Pemerintah Desa Bongganan Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Peruntukan Bulan Maret, Tahap III, Sabtu (17/7), di Aula Kantor Desa.

Kepala Desa Bongganan, Masno S. Nyaman mengatakan, di masa Pandemi Covid-19 ini, perekonomian masyarakat nyaris lumpuh. Karena itu, BLT tak bisa ditahan, dan perlu penyaluran cepat untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

“Alhamdulillah penyaluran BLT di Desa Bongganan KPM sudah menerima peruntukan bulan maret tahap ketiga. Anggarannya baru cair kemarin, hari ini kita langsung lakukan penyaluran ke KPM,” kata Masno kepada awak media ini.

Diakui Masno, nilai BLT memang tidak seberapa besar. Tapi setidaknya bantuan tersebut bisa menutupi kebutuhan dasar masyarakat yang cukup sulit terpenuhi di masa pandemi ini.

“Setidaknya, satu keluarga bisa membeli sembako untuk persiapan sebulan, menunggu penyaluran bulan depannya lagi. Kalau pun ada lebihnya, itu tergantung masing-masing keluarga.

Sebab itu, Kepada 63 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Masno berharap BLT yang telah diterima itu sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi keluarga. Sebab itu tujuan utama BLT.

Harapan Masno, semoga bantuan tersebut masih terus digelontorkan pemerintah hingga pandemi usai. Sebab, dengan begitu beban kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Sementara itu, Bendahara Desa, Wiratno Budi menyampaikan permohonan maaf kepada KPM soal keterlambatan pencairan BLT. Tidak ada unsur sengaja pihaknya memperlambat penyaluran.

Namun demikian, terang dia, proses penyaluran yang agak sedikit lambat dikarenakan proses pencairan anggarannya dalam sistem terbaru ini sedikit membutuhkan ketelitian.

“Kalau anggaran sudah cair pasti kita langsung serahkan ke KPM, Seperti disampaikan Kepala Desa. Jadi kami dari Pemdes meminta maaf,” ucap Wiratno (Rif)


Komentar

Berita Berikutnya

Lantik 6 Aparat Desa, Kades Palam : Kedepankan Integritas dan Profesionalitas

SALAKAN, LUWUK POST-Kepada enam aparat Desa Palam Kecamatan Tinangkung Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) yang baru dilantik pada Jumat (16/7), Kepala Desa setempat, Rusli Stibis meminta untuk mengedepankan pengabdian kepada masyarakat. Kepala Dinas PMD Bangkep, Rahmad Labou, S.Stp Camat Tinangkung Utara, Sahrun S.Pd, serta sejumlah perangkat desa turut hadir dalam […]