Walaupun PPKM, Zombie Tetap Hasilkan Karya

Redaksi Luwuk Post

ZOMBIE sedang berdiskusi tentang penggarapan lagu “Balada Jiwa [Foto: Abdy Gunawan/Luwuk Post]
LUWUK, LUWUK POST.id – Meski dibatasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kelompok pegiat kesenian tradisional asal Kecamatan Nambo, Zona Orientasi Muda Berinspirasi Inovatif Dan Edukatif (ZOMBIE) merilis lagi original terbaru bertajuk “Balada Jiwa” yang berupa musik instrumental perpaduan gitar dan  alat musik tiup, recorder di akun youtube mereka, Zombie Art Banggai (15/7).

“Kita membuat video ini di Sekretariat Zombie, depan Jalan Raya Nambo. Bukan di studio rekaman dengan mixing dan mastering, melainkan dengan kamera smartphone android, jadi sesekali bunyi kendaraan pun ikutan terekam. Apapun kondisinya, tidak ada alasan untuk tidak berkarya,” ujar Pembina ZOMBIE sekaligus pencipta lagu tersebut, Jerry Mahmud.

Perihal makna lagu, Jerry menjelaskan, seperti arti masing-masing dari kata penyusun judul, Balada merupakan sajak sederhana yang mengisahkan cerita rakyat yang mengharukan, kadang-kadang dinyanyikan, kadang-kadang berupa dialog, sedangkan jiwa adalah seluruh kehidupan batin manusia (yang terjadi dari perasaan, pikiran, angan-angan, dan sebagainya) atau bagian yang bukan jasmaniah (immaterial) dari seseorang.

Anggota dan Pembina ZOMBIE ART

“Dikarenakan lagu ini bukanlah lagu yang mempunyai vokal, melainkan lagu berjenis instrumental, maka ia punya makna yang luas. “Balada Jiwa” didesain untuk menyentuh batin orang-orang yang sedang mengalami berbagai tragedi dalam kehidupannya, entah itu kesedihan, kerinduan, kehilangan dan lain sebagainya” sambung pria yang akrab disapa Jerry itu.

Ia menambahkan, pembuatan susunan bagan musik dari lagu ini memakan sekitar 5 jam. Semuanya berjalan sangat lancar. Untuk proses pembuatannya, lagu ini dikerjakan di sekretariat ZOMBIE, Kecamatan Nambo pada siang sampai sore hari. Pemain gitarnya Jerry sendiri dan pemain recordernya adalah Yusril Djama. Beliau merupakan ketua bidang seni ZOMBIE periode 2021-2024.

“Untuk seniman, kita jangan patah semangat! Gunakan waktu yang ada sekarang ini untuk terus  latihan dan yang paling utama adalah tetap semangat dalam berkarya,” tutup dia. (abd)


Komentar

Berita Berikutnya

Dinilai Rugikan Rakyat, Aksi Tolak PPKM Dihelat

  Vaizal Nuzul dan kawan-kawan melaksanakan aksi tolak perpanjangan PPKM di sekitar tugu Adipura (19/7). [Foto: Abdy Gunawan/Luwuk Post]             LUWUK, LUWUK POST.id – Beberapa orang yang berasal dari kalangan pekerja seni dan pengelola Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) menyuarakan kritikan terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan […]