Libatakan Pemuda Tangani Masalah Sosial, Dinsos dan KNPI Banggai Inisiasi Kerjasama

Redaksi Luwuk Post
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banggai, Syaifudin Muid beserta staf, berfoto bersama Ketua DPD KNPI Banggai, Bulan Hadjar dan beberapa perwakilan KNPI Banggai. (5/10). [Foto: Istimewa]

LUWUK, LUWUK POST.id – Dalam upaya pelaksanaan program-program untuk menangani permasalahan sosial di Kabupaten Banggai, Dinas Sosial (Dinsos) melakukan pertemuan untuk membahas kerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banggai, pada  hari Selasa (5/10) di Kantor Dinsos, Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk.

“Pertemuan tersebut untuk mendiskusikan persoalan-persoalan sosial yang ada di Kabupaten Banggai, karena perlu sinergitas semua pihak, terutama pemuda,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Banggai, Syaifudin Muid.

Sejalan dengan pernyataan Kadis Sosial, Ketua DPD KNPI Banggai, Sri Wulan Hadjar mengungkapan, pertemuan tersebut merupakan respon positif Dinsos atas hasil RDP KNPI, Komisi 1 DPRD dan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai (20/9).

“Dinsos ingin mengajak pemuda untuk turut andil dalam menanggulangi masalah-masalah sosial yang ada di Kabupaten Banggai. Kami juga merasa hal tersebut perlu mendapat perhatian lebih dari Pemda, oleh karena itu, beberapa waktu lalu, kami membawa isunya hingga ke tahapan RDP,” tambah pengacara yang akrab disapa Bulan itu.

Ia juga menambahkan, dikarenakan KNPI sendiri memiliki SDM yang berkualitas serta struktur yang solid hingga ke tingkatan Desa, Dinsos menginisiasi kolaborasi dengan KNPI bersama Karang Taruna dan organisasi lain di bawah naungan Dinsos untuk melakukan pendataan masyarakat mana yang tergolong miskin dan layak menerima bantuan.

“Anggota-anggota kami yang aktif berinteraksi dengan masyarakat, menurut Pak Kadis dapat menyajikan laporan yang lebih otentik dan tepat sasaran sesuai standar yang ditetapkan, untuk membantu membackup Dinsos yang terbatas dari sisi SDM, apalagi dengan wilayah Banggai yang luas,” imbuh dia.

Selanjutnya, dalam wawancaranya dengan pewarta (6/10), Bulan menjelaskan, selain dalam hal pendataan, DPD KNPI Banggai juga diminta membantu upaya-upaya pendampingan serta rehabilitasi bagi warga Kabupaten Banggai, khususnya masyarakat kecil yang terdampak kasus hukum, menjadi korban kekerasan hingga permasalahan perlindungan dari narkoba dan prostitusi.

Kadis Sosial, Syaifudin Muid menilai, DPD KNPI Banggai memiliki anggota dengan latar belakang serta keilmuan yang beragam, ada yang bisa membantu warga dari sisi hukum, bisnis dan pendidikan.

“Kalai dari sisi pendampingan secara psikologis, dari Dinsos Banggai sendiri ada yang pernah mengikuti pelatihan dan tersertifikasi,” sambung dia.

Hari jum’at (8/10) DPD KNPI Banggai kembali diundang Dinsos untuk membicarakan tindak lanjut surat dari Kementerian Sosial Republik Indonesia tentang pengelolaan program sembako dan verifikasi data penerima bantuan iuran jaminan sosial non DTKS. (abd)


Komentar

Berita Berikutnya

Konferkot LMND Banggai Tetapkan Risanti Sebagai Ketua

LUWUK, LUWUK POST.id – Konferensi Kota (Konferkot) Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) Luwuk Banggai yang dilaksanakan selama dua hari (3-4/10) menetapkan Risanti sebagai Ketua menggantikan pimpinan sebelumnya, Sugianto Adjadar. Pelaksanaan Konferkot kali ini mengusung tema “Persatuan Nasional, Wujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”, dengan menjalankan 8 sidang Pleno […]