BeritaDaerahMetro

UMLB Gelar Pelatihan Workshop Klinik proposal dan Pengabdian

LUWUK, LUWUK POST- Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) menggelar kegiatan Workshop dan Klinik proposal serta penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), bagi Dosen ruang lingkup UMLB. di Hotel Santika Luwuk, Kelurahan Tombang Permai.

Kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LP3M) UMLB, turut mendatangkan Narasumber Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) Prof. Dr. Muji Setiyo. S. T., M. T.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa. Dalam sambutannya, dirinya menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini, para peserta tidak hanya menerima materi dari narasumber saja.

Melainkan, nantinya akan dibimbing serta dipandu hingga melalukan penelitian dari hulu sampai ke hilir dan diajarkan bagaimana cara menyusun strategi penulisan dalam pembuatan proposal.

“Bahkan dalam kegiatan workshop, akan dilakukan review terhadap hasil penelitian bagi peserta khususnya Dosen ruang lingkup UMLB,” ujar Rektor UMLB, dalam sambutan pelatihan workshop dihotel santika. Kamis (3/2)

Sehingganya, sambung Rektor, dirinya berharap, agar para peserta dapat bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini.

Apalagi melihat status UMLB saat ini telah masuk 10 besar PTM se Indonesia dalam webometrics.

Namun, menurut Sutrisno K Djawa, Kualitas dan kuantitaslah yang perlu ditingkatkan. Agar dapat meningkatkan kampus hijau tersebut menjadi kampus unggul.

Ketua Lembaga Pengembangan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LP3M) UMLB, Risno Mina menerangkan, kegiatan workhsop kali ini ialah sebagai bentuk agenda tahunan dari LP3M yang telah disosialisasikan sebelumnya.

Workshop kali ini juga dirangkaikan 2 kegiatan, yakni klinik tentang proposal penelitian dan klinik tentang proposal pengabdian kepada masyarakat.

“Jadi agenda kegiatan ini digabung sekalian, meski program di LP3M itu dibagi dua, berhubung Narasumbernya satu sehingga kita buat sekalian,” terang dia.

Lanjut Risno, adapun maksud tujuan dari kegiatan ini ialah, agar bagaimana meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam hal penulisan proposal yang dikirim oleh UMLB nantinya.

Menariknya, dengan kehadirannya salah satu guru besar termuda di perguruan tinggi Muhammadiyah, kata Risno, tentunya akan memberikan trik khusus bagi peserta Dosen UMLB dalam pembuatan proposal.

“Beliau akan berusaha untuk memberikan trik khusus hingga rahasia dapur untuk bagaimana menembus saat melakukan penulisan proposal,” ucapnya.

Tak hanya itu, hasil dari penulisan proposal nantinya juga akan dikoreksi kembali, sebelum dinaikan ke tingkat majelis, bahkan beliau juga bersedia melakukan review terkait proposal yang akan dikirim ke LLDIKTI.

“Sehingga nya harapan kami, setelah kegiatan ini, pembuatan proposal makin banyak lagi dan makin banyak lagi yang diterima,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya, kegiatan workshop itu, turut dihadiri 3 peserta perwakilan dari masing- masing prodi , atau sekitar 45 orang. Dan dihadiri para Dekan, serta ketua-ketua lembaga.

Kegiatan pelatihan penulisan proposal juga akan dilakukan selama 2 hari, terhitung sejak kemarin sampai hari ini (4/2). (dat)