AkademikaOlahraga

Ketua KONI Sulteng Hadiri Pengukuhan Panitia Porprov 9 : Optimis Suksesnya Penyelenggaraan Porprov di Bumi Tompotika

LUWUK, LUWUK POST – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banggai melaksanakan kegiatan Pengukuhan, Workshop dan Bimtek Panitia Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah (PORPROV) ke IX Tahun 2022 yang dilaksanakan pada Senin (11/4), bertempat di Sekretariat KONI Banggai, Kecamatan Luwuk.
Kegiatan pengukuhan Panitia Porprov tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum KONI Sulteng M. Nisar Rahmatu bersama rombongan.

Dalam sambutannya, Nizar menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintahan Banggai dimana pertama kalinya terjadi dalam sejarah pelaksanaan Porprov Sulteng, yakni dalam peraturan dalam lelang pelaksana Porprov 9, awalnya daerah Buol, akan tetapi Buol menyatakan ketidaksiapan, dan dalam keadaan genting. Banggai menyanggupi sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Porprov ke 9 yang dilaksanakan pada bulan November tahun 2022.

Nizar dalam kesempatan tersebut juga memberikan penjelasan bahwa Pemprov Sulteng, pada masa pemerintahan Rusdy Mastura dan Ma’mun mempunyai prospek jangka panjang terhadap pembinaan peningkatan prestasi olahraga di Sulawesi Tengah, yakni “Sulteng Emas”.

“Dan hal itu (Sulteng Emas,red) tidak akan tercapai jika rangkaian prosesi yang salah satunya yaitu Porprov tidak terlaksana di tahun 2022, sebab target waktunya hanya sampai 2024,” pungkasnya.
Untuk itu Nizar mengungkapkan optimisnya akan suksesnya pelaksanaan Porprov 9 di Bumi Tompotika.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KONI Banggai, Muntasar Abd Azis juga menekankan kepada Panitia Porprov 9 tentang pentingnya rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai panitia pelaksana.
“Demi Nama Baik Kabupaten Banggai.. Banggai Sambatu, Pakaroso!!” ujarnya semangat.

Hal yang sama juga ditegaskan Wabup Banggai, Furqanuddin Masulili saat membuka kegiatan pengukuhan.
“Pada kesempatan ini saya mengharapkan agar panitia yang dikukuhkan harus bekerjasama demi kesuksesan pelaksanaan Porprov 9 Sulteng,” harapnya.
Furqanudin meyakini keberhasilan pelaksanaan Porprov akan berjalan sukses dan tidak akan mengecewakan masyarakat kabupaten Banggai.

“Semangat yang begitu besar yang tercermin hari ini, adalah indikasi keberhasilan Porprov 9 Sulteng,” tandasnya.
Wabup juga mengingatkan agar dalam penggunaan anggaran dalam pelaksanaan kegiatan. Sekecil apapun, baik yang bersumber dari APBD atau APBN harus dijaga.

“Sebab akuntabilitas kinerja Daerah Kabupaten Banggai akan dipertaruhkan dalam pelaksanaan kegiatan Porprov ini,” imbuhnya.

Kegiatan pengukuhan tersebut selain dihadiri oleh anggota Panitia Proprov juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Banggai dan para tamu undangan. (mjd)