Akademika

Kompetisi Program Kewirausahaan Ditjen Belmawa, UMLB Ajukan 8 Proposal

LUWUK, LUWUK POST – Giat mewujudkan prestasi bagi mahasiswa dalam kewirausahaan, Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) Telah mengajukan 8 proposal melalui kegiatan Belmawa tingkat Nasional.

“Kami akan melakukan beberapa dokumen yang sudah diusulkan, terkait ke ikut sertaan kompetisi, yang diselenggarakan oleh Dirjen Pembelejaran dan Kemahasiswaan Belmawa,” ujar Agung K Djibran, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan alumni UMLB, Rabu (11/5)

Lanjut Agung, Terkait kompetisi tersebut, mahasiswa pun telah mengajukan proposal hingga telah diapload dan tinggal menunggu hasilnya.

Adapun program pertama yang diikut sertakan yaitu program kreatifitas mahasiswa (PKM) Dimana mahasiswa telah mengajukan dan mengapload 4 proposal dari masing-masing Fakultas yang telah lulus tahapan seleksi di internal UMLB.

Diantaranya yang lulus dalam tahapan seleksi internal PKM yakni Fakultas Perikanan, Fakultas
Pertanian, serta Fakultas FKIP dan Fakultas Ekonomi.

“Kemudian yang ke dua, 4 proposal program Peningkatan Kapasitas Kemahasiswaan Organisasi Mahasiswa (PKK Ormawa) Yang telah diajukan dan diapload serta diikuti Bem Feb, Hima Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, Bem Faperta dan Komisariat IMM Faperta,” jelasnya.

Dikatakanya, bahwa hasil dari ke dua program tersebut, akan diumumkan oleh Dirjen Diktiristek pada akhir bulan Mei mendatang.

Lebih lanjut, tambah Agung, dalam waktu dekat ini juga, dirinya akan melakukan rapat bersama seluruh Dosen studi kewirausahaan serta wakil-wakil Dekan III ruang lingkup UMLB.

Hal itu dilakukan, dalam rangka membahas ke ikut sertaan hingga menciptakan kolaborasi antar Dosen kewirausahaan dan WD III UMLB pada ajang atau program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Yang juga akan melakukan pengajuan proposal pada 5 Juni mendatang.

“Untuk batas melakukan pengajuan proposal pada program P2MW ini, batasnya sampai tanggal 5 Juni,”katanya.

Setelah mengapload sejumlah proposal pada ke dua program tersebut, dirinya berharap mahasiswa UMLB mempunyai rekam jejak dalam ke ikut sertaan pada program sistem Belmawa tersebut.

Selain itu, jika kemudian proposal saat ini dinyatakan lulus, tentunya dapat memberikan satu kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mengembangkan daya kreatifitasnya dan partisipasinya dimasyarakat.

“Setiap proposal yang lulus dan kemudian akan diberdayakan selama kurun waktu 6 bulan kepada masyarakat. Setelah mereka kembali, Maka mata kuliah mereka akan dikonfersi. jadi, ada pengakuan SKS yang akan diberikan kepada mereka sesuai dengan amanat kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” terangnya. (dat)