Akademika

Segera Jalankan Program, Mahasiswa KKN UMLB Laksanakn Seminar Proker

LUWUK,  LUWUK POST- Usai dilakukannya penyerahan Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) Angkatan 32 ke pemerintah Kabupaten Banggai Laut (Balut), kali ini sejumlah posko telah melakukan seminar program kerja (Proker)  antar Kelurahan dan Desa masing-masing.

Diketahui, pelaksanaan proker itu seperti yang berada di Kecamatan Banggai, terdapat 10 posko serta terdiri dari 3 kelurahan dan 7 Desa, kemudian terdapat 3 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Diantaranya DPL di Kecamatan Banggai yakni Sahrain Sibay, Dr. Muchtar Lutfi dan Khairul Akbar.  “Untuk saat ini, mahasiswa tengah melaksanakan Proker antar Kelurahan dan Desa,” kata Sahrain, saat ditemui di kantin UMLB, Senin (25/7)

Dijelaskannya, seminar proker itu berdasarkan hasil observasi mahasiswa KKN UMLB selama 2 hari setelah dilakukannya penyerahan mahasiswa pada Rabu 20 Juli 2022.

Kegiatan seminar proker pun, sebutnya, telah mencapai 75 persen dari jumlah posko yang ada di empat Kecamatan. serta menetapkan proker bersama pemerintah Kelurahan dan Desanya masing-masing pada Senin, 25 Juli 2022.

“Insyallah,  (Selasa, red) diminggu pertama ini,  mulai melaksanakan program kerja dari hasil yang telah ditetapkan oleh Kepala Desa dan masyarakat,”tandasnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tentunya mendapat antusias pemerintah serta masyarakat Kabupaten Balut, Sahrain mengungkapkan, terlepas sebagai DPL mahasiswa KKN, dirinya yang juga sebagai Sekretaris BPH UMLB tentu mengucapkan banyak terimakasih.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Balut serta beberapa OPD serta Camat, terlebih masyarakat Balut yang telah menerima dan sangat antusias atas hadirnya mahasiswa KKN angkatan 32 di wilayah Balut,”ungkapnya.

Disisi lain, lanjut Sahrain, dimana momentum ini, seluruh proker juga akan dilakukan berdasarkan prodi-prodi yang berada di perguruan tinggi, dengan begitu, dapat berkontribusi serta membantu pembangunan yang ada di wilayah Balut.

Apalagi, program prioritas mahasiswa KKN mengenai dukungan percepatan pendataan penurunan stunting dan membantu memverifikasi angka kemiskinan, berdasarkan data yang diberikan oleh Dinas Sosial (Dinsos) yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinsos Balut dr.Mamang.

Sebagai Sekretaris BPH UMLB sekaligus DPL, Sahrain berharap,  agar pemerintah Kabupaten Balut hingga Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa bahkan Masyarakat dapat memberikan saran kemudian masukan kepada mahasiswa KKN UMLB.

Agar nantinya mahasiswa yang ber KKN dapat melaksanakan program  tersebut sesuai harapan Pemerintah Kabupaten Balut, terlebih, bagi kampus UMLB.

Hingga terlaksana dengan baik yang nantinya akan bisa memberikan kontribusi pikiran yang konstruktif baik itu kepada pemerintah Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten Banggai Laut.

“Sebab mahasiswa itu hanya berbekal segudang yang mereka ketahui sejak duduk dibangku perkuliahan dan segudang ide gagasan yang mereka miliki dengan kompetensi bidang keilmuannya masing-masing,”cetusnya.

Dengan harapan yang sama, tambah Sahrain, agar seluruh peserta mahasiswa KKN untuk tetap melaksanakan dan konsisten hingga komitmen terhadap menjaga almamater yang ada.

Sebagai informasi, momentum diakhir kegiatan KKN nanti, mahasiswa akan melaksanakan pameran UMKM seni dan budaya pariwisata yang rencananya dipusatkan di ibu kota Balut sekaligus dalam kunjungan Rektor UMLB Dr.Sutrisno K Djawa. (dat)