Berita

Asa Perjuangan SULTIM, Ismail Junus : Pekan ini Baleg DPR RI Kunjungi Sulteng

Ismail Junus, Anggota DPRD Sulteng

LUWUKPOST.ID — Sempat tenggelam selama beberapa tahun terakhir, wacana pemekaran daerah Provinsi Sulawesi Tengah untuk melahirkan provinsi baru Sulawesi Timur kembali mencuat.

Asa perjuangan Sulawesi Timur tersebut disuarakan Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Ismail Junus.

Kepada pewarta pada Senin (29/8) Ismail Junus menyatakan bahwa melalui pertemuan resmi bersama Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Dihadapan Pimpinan Baleg, Supratman Andi Agtas, lanjutnya, dirinya mengutarakan aspirasi masyarakat tersebut.

“Terdorong karena melihat pemekaran Provinsi Papua, sehingga Moratorium Sultim gugur dengan sendirinya, untuk itu saya menyampaikan langsung kepada Baleg DPR RI melalui forum resmi,” tandasnya melalui sambungan telepon.

Gayung bersambut, Baleg DPRD RI pun meresponnya dengan segera melakukan kunjungan ke DPRD Provinsi Sulteng.

“Sudah ada lampu hijau, Rabu pekan ini Baleg RI akan melakukan kunjungan ke DPRD Sulteng, dan selanjutnya ke Kabupaten Banggai,” bebernya.

Kunjungan Baleg RI tersebut, jelas Ismail, terkait RUU Sulawesi Timur.

Ismail pun menegaskan menjaga semangat pemekaran Sultim membutuhkan perjuangan semua pihak termasuk Eksekutif dan Legislatif beserta seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa.

“Tentunya kita harus tetap kompak, utamanya agar bagaimana Sultim ini lahir dan semua pihak bersama-sama mendorong pemekaran Sultim segera terwujud,” pungkasnya.

Selain pemekaran Sultim, lanjutnya, pemekaran dua Daerah Otonom Baru (DOB) di Kabupaten Banggai yakni Tompotika dan Batui Raya juga menjadi pokok pembahasan dalam pertemuan itu.

“Pemekaran wilayah Kabupaten Banggai agar Tompotika dan Batui raya mejadi DOB juga termasuk PR yang saya sampaikan ke Baleg RI,” ungkapnya. (Mjd)