Akademika

Rektor Unismuh Luwuk Resmi Melepas Peserta KKN-MB Angkatan 34

Luwukpost.id – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk Dr. Sutrino K Djawa secara resmi melepas 364 peserta Kuliah Kerja Nyata Mobilisasi Berkemajuan (KKN-MB) angkatan 34 tahun 2023.

Pelepasan peserta KKN-MB oleh Rektor Unismuh Luwuk Dr.Sutrisno K Djawa, berlangsung di pelataran kampus KH.Ahmad Dahlan,pada Minggu sore, 16 Juli 2023.

Turut dihadiri, Ketua LP3M Unismuh Luwuk, Risno Mina, Ketua Bidang Pelatihan Masyarakat LP3M Erwin Nursin, Dekan Fakultas Hukum Dri Sucipto, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Dr. Kisman Karinda serta Dosen Pembimbing Lapangan hingga panitia KKN.

Dr. Sutrisno melepas 364 peserta KKN-MB secara simbolis dengan menyematkan almamater kepada perwakilan peserta KKN-MB angkatan 34 tahun 2023.

Dalam sambutannya, Dr.Sutrisno mengucapkan apresiasi kepada panitia dan para mahasiswa KKN-MB yang telah mengikuti kegiatan pembekalan secara antusias selama dua hari.

“Sebab kegiatan ini merupakan Tridharma perguruan tinggi yang menjadi salah satu kewajiban yang harus kita laksanakan,”ujar Rektor.

Lanjut Rektor, selama dua hari, kata dia, tentunya ini merupakan bekal bagi mahasiswa untuk menjalani KKN selama berada di lokasi, ketika berinteraksi di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, sebagai mahasiswa yang menempuh dunia pendidikan adalah suatu bentuk ijtihad, yakni salah satunya dengan melaksanakan kegiatan KKN ini.

“Bahkan dalam perspektif islam, makna kandung ijtihad termasuk dalam kategori bekerja, menempuh pendidikan dan salah satunya melaksanakan kegiatan KKN,”ujarnya.

Dr.Sutrisno menukil dalam Al-Qur’an surat As-Saff ayat ke 4 yang artinya “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”.

Rektor berpendapat, ketika jihad itu dipandang dalam konteks organisasi adalah seperti suatu kelompok atau bangunan yang tersusun kokoh.

“Maka dalam teori ekonomi pula atau dikenal dengan teori Robinson, Orginasasi merupakan suatu kelompok atau entitas yang berkumpul dalam sosial masyarakat untuk mencapai satu tujuan,”tuturnya.

Sehingganya, bagi peserta yang melaksanakan KKN tentunya memiliki struktur organisasi bertujuan. Dengan begitu, kalian bisa melihat hal apa saja yang menjadi tugas dari masing-masing peserta dalam mejalankan sebuah organisasi guna mencapai tujuan programnya.

“Untuk mencapai hal itu, maka dalam ayat juga dikatakan bekerjalah kamu dalam hal kebaikan, tetapi janganlah kamu mengerjakan hal dalam keburukan,”cetusnya. (dat)