AdvertorialsBeritaBreaking NewsLokal

8 Produk UMKM Binaan Diskopukm Banggai Tampil di Cara Puncak BBI/BBWI Sulteng

PALU, LUWUK POST — Dibawah kepemimpinan Helena Padeatu, Dinas Koperasi dan UMKM (Diskopukm) Kabupaten Banggai aktif melakukan ekspansi Produk-produk UMKM binaan.

Terkini, Diskopukm Banggai turut menghadiri malam puncak Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) yang dilaksanakan Disdagrin Propinsi Sulteng bekerjasama dengan Bank Indonesia wilayah Sulteng, Sabtu – Minggu (5-6/8/2023), Kota Palu.

Melalui koordinator rombongan Diskopukm Banggai, Hendra Cakra Abd. Gani yang merupakan Kabid Kelembagaan dan Pengawasan menjelaskan bahwa keikutsertaan Diskopukm Banggai dalam ajang tersebut setelah melakui sejumlah tahapan kurasi yang dilakukan oleh panitia pelaksana.

Untuk diketahui tujuan tahapan kurasi adalah menyeleksi keberadaan setiap produk yang memiliki standar mutu konsumen meliputi informasi proses produksi, bahan baku,kemasan dan harga produk agar bisa dilihat potensi pengembangan produk.

“Ada sekitar 172 produk UMKM di Sulteng yang lolos tahapan kurasi tersebut,” tandasnya kepada Luwuk Post melalui pesan Whatsapp, Sabtu (5/8/2023).

Lebih lanjut diinfokan Hendra, bahwa kegiatan tersebut di ikuti oleh Diskopukm Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah.

“Untuk pameran harvesting sebanyak 97 UMKM, meliputi 3 sektor yaitu pangan, fashion dan IT, sedangkan, untuk UMKM Banggai yang terkurasi 9 UMKM dan yang lolos untuk pameran ada 8 UMKM,” tambah dia.

Hendra mengungkapkan, kebanggaannya dan bagi masyarakat Kabupaten Banggai khususnya para pelaku UMKM yang ditampilkan dalam ajang tersebut.

Sebab, kegiatan itu menjadi kesempatan untuk mempromosikan produk yang berkualitas dan membuktikan kualitas produk UMKM daerah di akui secara Nasional. (*/Tr-10)