BeritaLokal

Gencar Sosialisasikan Pencegahan Informasi Hoax

LUWUK, LUWUK POST.id – Maraknya penyebaran informasi hoax melalui media sosial membuat sebagian orang merasa cemas dan kurang percaya terhadap apa yang disebar.

 

Terlebih berkaitan dengan menjelangnya hari Pemilu serentak pada bulan Februari, tahun 2024 mendatang.

 

Upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai, menggelar kegiatan sosialisasi dengan mengusung tema  “Pencegahan Berita Hoax Berbasis Media Sosial”. Bertempat di Hotel Santika Luwuk, Kamis, 25 Januari 2024.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antar penyelenggara dan peserta Pemilu tahun 2024, terkait pencegahan informasi hoax berbasis media sosial.

 

Selain itu, kegiatan ini pula untuk memberikan pemahaman bagi peserta pemilu, agar tidak menggunakan informasi hoax pada Pemilu mendatang.

 

Anggota Komisioner Bawaslu Banggai, Arkamulhak Dayanun mengatakan, jika pihaknya terus berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap informasi hoax menjelang Pemilu.

 

Meskipun kata dia, isu hoax ini tak asing lagi untuk didengar maupun dibahas, namun, sebagai warga Indonesia yang baik dan taat aturan, pihaknya pula terus melakukan pencegahan melalui sosialisasi seperti saat ini.

 

Diketahui bersama, sambung Arkam, bagaimana dampak atau efek terhadap informasi hoax ini, jika merasuk dalam pikiran masyarakat Indonesia.

 

Dirinya menukil Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 37 ayat 5, menyebutkan, bahwa mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia Tidak dapat dilakukan perubahan.

 

Maksud dari itu, kata Arkam, ketika informasi hoax ini tidak dilakukan dengan pencegahan yang benar, maka akan berpotensi merusak kesatuan Negara Republik Indonesia.

 

Sehingganya dengan adanya keterlibatan teman teman partai politik dan juga sebagai peserta pemilu, tentu dibutuhkan yang namanya kolaborasi.

 

“Hingga pendidikan politik kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih cerdas. Apalagi, kita ketahui bersama bahwa informasi informasi hoax ini kerap timbul saat masa kampanye,”tuturnya.

 

Olehnya,  pihaknya berharap adanya bentuk kerjasama dalam pencegahan informasi hoax tersebut, dapat membentengi diri kepada masyarakat dan masyarakat pula lebih cerdas dalam pilihan-pilihan politiknya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Komisioner Bawaslu Banggai Arkamulhak Dayanun serta Nizlawati MS. Kono, kemudian Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banggai, Bangkep dan Balut, Perwakilan Partai Politik (Parpol) hingga para awak media se-Kabupaten Banggai. (dat)