BeritaLingkungan

Seminar dan Survey Keanekaragaman Hayati Gunung Tompotika

Luwukpost.id – Sejumlah organisasi dan lembaga pemerhati Lingkungan hidup dan akademisi Kabupaten Banggai segera menggelar seminar dan survey keanekaragaman hayati di Gunung Tompotika, Kabupaten Banggai.

Aliansi tersebut terdiri dari, Yayasan Banggai Insan Cita, KPA Saangu Adventure, dan sejumlah akademisi yakni, dosen dan peneliti Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Luwuk, A. Gani  dan Jurusan Biologi, Fakultas FKIP, Wahyudin Abd. Karim dan Moh. Fahry Haruna.

Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Banggai Insan Cita, Iksan Suling melalui pesan whatsapp, Minggu (21/1/2024) menerangkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh data flora dan fauna yang ada di gunung Tompotika dengan harapan agar kelestarian flora dan fauna Tompotika tetap lestari.

“Selain menjadi pusat pendakian para pecinta alam, Gunung Tompotika merupakan Kawasan Hutan Lindung yang kaya dengan keanekaragaman hayatinya. Tompotika adalah Hotspot endemik di Sulawesi karena memiliki spesies endemik yang hanya di temukan di wilayah Tompotika,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, sebelum melaksanakan survey tersebut, aliansi akan melaksanakan seminar awal di bulan Februari 2024 sebagai pengantar dari kegiatan ini.

“Mengenai pelaksanaan kegiatan survey akan dilakukan pada bulan April 2024, tepatnya setelah perayaan Idul Fitri,” tandas Iksan.

Ia berharap kedepannya, dapat berkolaborasi dengan komunitas dan kampus-kampus lainnya yang ada di Kabupaten Banggai serta instansi terkait, yakni Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida). (*/Mjd)