BeritaLingkungan

Camat Batui Segera Tindaklanjuti Keluhan Warga Bakung

BATUI, LUWUKPOST.id — Pemerintah Kecamatan Batui segera menindaklanjuti keluhan warga Desa Bakung dalam dan Bakung luar, terkait banyaknya serangga (lalat,red) yang semakin banyak memasuki rumah warga.

Banyaknya serangga lalat diduga berasal dari kandang ayam potong yang tenpatnya tak jauh dari pemukiman warga.

Menanggapi keluhan dan keresahan masyarakat, Camat Batui Muslih B. Ading S.Pd akan memanggil pemilik kandang ayam tersebut.

“Pihak kecamatan akan memanggil pemilik kadang ayam, serta melakukan pertemuan dengan pemerintahan Kelurahan Bakung dan Lurah Sisipan untuk berkoodinasi meyelesaikan permasalahan tersebut,” ungkap Muslih B. Ading melalui pesan whatsapp, Jumat (16/2/2024).

Ia menjelaskan, tujuan pemanggilan tersebut, agar pemilik ternak mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat adanya pembangunan kadang ayam yang kini telah membuat resah dan mencemari udara di lingkungan masyarakat Bakung dalam maupun Bakung luar.

“Olehnya itu, dari dua kelurahan harus segera mencari solusi terkait keluhan masyarakat. Jangan sampai memberikan dampak penyakit akibat jika dibiarkan begitu saja sehingga bisa membahayakan kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Adapun solusi untuk mengatasi keluhan tersebut saat ini, lanjutnya, kedua kelurahan akan melakukan penyemprotan, pembersihan atau dengan mengunakan bubuk pada kadnang secara rutin, sehingga diharapkan tidak lagi ada gangguan lalat yang memasuki pemukiman warga sekitar.

Disodorkan pertanyaan mengenai Izin Usaha kandang tersebut, Camat Batui mengungkapkan bahwa sejak beberapa minggu lalu pihak pengusaha telah mengajukan izin di kelurahan dan di kecamatan.

Terpisah, salah satu warga Desa Bakung yang tidak mau namanya disebutkan memberikan informasi bahwa saat ini, serangga lalat semakin banyak.

“Lalat semakin banyak masuk ke rumah-rumah warga, ini sangat penting dan genting agar menjadi perhatian pemerintah untuk segera bertindak,” ujarnya pada Sabtu (17/2/2024) melalui sambungan telepon. (*/Asw)