Berita

PABPDSI Banggai Rakor dan Silaturahmi bersama 24 BPD

LUWUK, LUWUKPOST.ID – Mengawali tahun 2024 Pengurus Daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) mengadakan rapat koordinasi (Rakor) Perdana dan silaturahmi bersama Pengurus dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 24 Kecamatan di Kabupaten Banggai.

Dengan mengambil tema Penguatan BPD dalam rangka evaluasi LKPPD Pemdes menuju Laporan Kinerja BPD 2024, rakor ini bertujuan sebagai sarana komunikasi dan koordinasi sesama BPD Kabupaten Banggai Kegiatan silaturahmi ini bertempat di Hotel Dinasti, Kamis (4/4/2024).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Banggai Furqanudin Masulili, didampingi plt Kadis PMD Haswan Dg. Masikki dan seluruh anggota PABPDSI se-Kabupaten Banggai.

PABPDSI Kabupaten Banggai dalam hal ini memberikan penguatan kepada Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tentang evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah /Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) menuju laporan kinerja BPD Tahun 2024, serta pembentukan Panitia Pelaksanaan Kegiatan Temu Raya BPD se-Sulawesi Tengah.

Wakil Bupati Banggai dalam membacakan sambutan dari Bapak Bupati Banggai menekankan, pentingnya pengawasan BPD dalam rangka pelaksanaan pembangunan yg tepat sasaran dan dirasakan masyarakat, mengutamakan kegiatan padat karya.

“BPD juga harus ikut berperan mengingat kan kepala Desa apabila kegiatan – kegiatan tidak sesuai dan tidak tepat sasaran,” tuturnya.

Ketua PABPDSI Rokie Lambidju, S.Sos, dalam sambutannya mewakili seluruh BPD Banggai memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemda, teristimewa Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai yang telah menunaikan tunjangan tahun 2024 ini kepada BPD.

Ia juga mengatakan, sengaja menghadirkan dan mengundang dari Dinas PMD Kabupaten untuk penguatan pemahaman Tupoksi BPD, dan diharapkan untuk memaksimalkan pertemuan ini untuk menanyakan hal-hal yang sekiranya kurang dimengerti dan kurang dipahami oleh pengurus serta anggota PABPDSI Kabupaten Banggai.

@Jadikan rakorda ini ajang silaturahmi BPD menjadi pelopor Tata kelola pemerintahan di Desa yg baik dan untuk menyalin sebuah kebijakan yang baik di tempat atau desa bahkan di kabupaten lain agar bisa dilaksanakan bersama,” tambahnya.

Kegiatan ditutup dengan Buka Puasa bersama, didahului Tausiah yang disampaikan oleh Ust. Ramli.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pembentukan panitia HUT PABPDSI ke 3 Kabupaten Banggai dirangkaikan dengan Temu Raya BPD se Sulteng yang direncanakan pada tanggal 22-23 bulan Mei tahun 2024 di Kabupateh Banggai dan ketua Panitia terpilih Murad Abdusama. (*/TR-01).