Berita

Rusdy Minta UIN Teliti Asal Usul Imam Syaban

PALU, luwukpost.id – Asal usul Imam Syaban di Banggai Kepulauwan (Bangkep) nampaknya mendapat perhatian khusus dari Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura. Bahkan, orang nomor satu di Sulawesi Tengah itu meminta Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu untuk meneliti keberadaan Imam Syaban tersebut di Bangkep.
Hal ini diutarakan Gubernur Rusdy saat menghadiri Pengukuhan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Hamlan yang merupakan Wakil Rektor II UIN Datokarama Palu. Bertempat, di Convention Hall Swiss-Belhotel. Rabu, (12/6/2024).
“Saya minta UIN Datokarama, Palu untuk melakukan penelitian tentang Imam Syaban yang ada di Bangkep,’pinta Rusdy. Seperti diketahui, Imam Syaban berada di banggkep berkisar Tahun 705 Masehi. Bahkan, terdapat fakta terkait kuburan Imam Syaban diantara seperti adanya peradaban islam (islam kosmopolitan) tertua di Sulawesi Tengah, situs kuburan menunjukkan bahwa wilayah Sulawesi Tengah adalah salah satu destinasi di jalur nusantara, dan komunitas islam tertua di Banggai ini bisa menjadi bukti islam tertua di nusantara. (rls