BeritaLokalPolitik

KPU Banggai Lakukan Sinkronisasi Data Pemilih 2024

LUWUK, LUWUKPOST.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai melaksanakan sinkronisasi data untuk persiapan rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih sementara (DPS) dalam Pemilihan Umum 2024.

Ketua KPU Kabupaten Banggai, Santo Gothia mengatakan, kegiatan ini sangat begitu penting, guna mempersiapkan data pemilih yang akurat di Kabupaten Banggai.

Tanpa data yang jelas, kata Santo, pastinya akan mengalami kesulitan, terlebih dalam hal menentukan jumlah pemilih.

“Jika ini terjadi tentu akan mempengaruhi jumlah suara pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) bahkan logistik nanti,” ujar Santo, Jumat (9/8).

Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya perlu memastikan data yang disajikan itu akurat dan bebas dari potensi masalah.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Banggai, Abd Rauf mejelaskan, tujuan kegiatan ini guna memvalidasi data pemilih melalui empat aspek penting.

Pertama, data harus komprehensif, mencakup semua pemilih yang memenuhi syarat.

Kedua, data harus akurat, memastikan setiap nama yang terdaftar benar-benar sesuai dengan syarat pemilih.

Ketiga, data harus mutakhir dan terupdate dan keempat, inklusif, dengan melibatkan seluruh publik dalam proses penyusunan daftar pemilih.

Olehnya, pihaknya mengundang masyarakat untuk memberikan tanggapan jika kemudian terdapat pemilih yang belum terdaftar.

“Sehingga pada 27 November 2024, daftar pemilih sudah lengkap dan sesuai dengan data terkini,” ucapnya.

Dengan begitu, Abd Rauf berharap, terhadap KPU Banggai agar dapat menyajikan data yang berkualitas dengan memenuhi empat aspek tersebut.

“Kami berharap KPU Kabupaten Banggai dapat menyajikan data yang berkualitas sesuai dengan keempat kriteria ini, sehingga proses pemilihan mendatang dapat berjalan dengan lancar dan adil,” tegasnya. (tr-01)