BeritaDaerahLokal

Peserta Pelatihan MTU Bakal Praktik Kerja Lapangan

LUWUK, LUWUK POST.ID – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banggai, melalui bidang UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Luwuk, menginformasikan bahwa pelatihan Mobile Training Unit (MTU) yang sedang berlangsung telah memasuki hari ke-10.

Sulaeman selaku Kepala UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Luwuk, menjelaskan bahwa pelatihan yang sedang berlangsung meliputi kejuruan penjahitan pakaian dengan Mesin dan pelatihan Pemasangan Listrik. Peserta pelatihan dalam bidang menjahit telah belajar membuat pola, sementara peserta pelatihan pemasangan listrik belum melakukan uji coba di lapangan, namun mereka tetap harus melakukan praktik atau turun ke lapangan. Kombinasi antara pembelajaran teori dan praktik lapangan memberikan pengalaman yang komprehensif bagi peserta pelatihan dalam mengembangkan keterampilan mereka di bidang masing-masing.

” peserta telah memasuki tahap praktik” ucap Eman, saat di temui pewarta pada, Jumat (26/07/2024)

Sulaeman menambahkan bahwa pelatihan seperti ini hampir selalu dilakukan setiap tahun. Untuk kegiatan selanjutnya, mereka telah mengusulkan banyak paket pelatihan, namun keputusan akhir ada di tangan Balai Besar Makassar dan mereka yang menentukan paket pelatihan yang akan diselenggarakan.

Lebih lanjut, Sulaeman mengungkapkan bahwa sebelumnya ada pelatihan pertukangan, namun karena minimnya peminat bahkan sampai selesai pendaftaran tidak ada sama sekali yang tertarik, pelatihan tersebut direvisi menjadi pelatihan komputer yang dia usulkan kepada balai besar Makassar dan sudah disetujui.

Pelatihan komputer dijadwalkan akan dimulai pada 5 Agustus 2024 dan mendapat sambutan positif dengan lebih dari 80 pendaftar. Namun, hanya 16 peserta yang diterima, dengan mayoritas berasal dari daerah Batui dan Nambo. Peserta yang terpilih harus melewati tes seleksi sebagai bagian dari proses pemilihan peserta yang paling sesuai untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Sulaeman berharap, agar pendaftaran pelatihan dapat menjangkau seluruh pelosok Kabupaten Banggai dan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi keluarga dan masyarakat setempat. (tr-02/fil)