AkademikaPendidikan

55 Sekolah SMP Bakal Mengikuti Kegiatan Workshop Disdikbud Banggai Tentang Peningkatan Literasi dan Numerasi

Luwuk, LUWUKPOST.ID  –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah  (Disdikbud) Kabupaten Banggai akan memberikan pemahaman literasi dan numerasi kepada 55 Sekolah Menengah Pertama (SMP) lewat kegiatan workshop.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Banggai, Rudi Budaya, mengatakan kegiatan inisebagai bentuk upaya peningkatan pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam dunia pendidikan.

Pemberian literasi dan numerasi juga, akan diberikan kepada 55 sekolah yang  berada di pelosok wilayah Kabupaten Banggai.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 77 peserta, di Hotel Kota, sejak Rabu-Kamis, 21-22 Agustus 2024.

“Bagi peserta yang mengikuti rata-rata Kepala Sekolah dan para guru-guru,” kata Rudi, saat ditemui di ruang kerjanya, pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Ia berkata, pemberian literasi dan numerasi ini, berkaitan pula  bagaimana cara membuat Raport sekolah dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

Dengan begitu dapat memudahkan serta meningkatkan mutu kualitas pendidikan, sehingganya setiap sekolah di daerah khususnya pelosok Banggai tidak lagi tertinggal.

“Terlebih bagaimana memahami program Kurikulum Merdeka, di era digitalisasi saat ini,”pungkas dia.

Literasi sendiri tentunya berkaitan dengan bagaimana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, seperti kemampuan menulis dan membaca.

Sementara numerasi adalah kemampuan memahami dan menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar dan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk.

Olehnya, dengan adanya kegiatan ini, Disdikbud Banggai berharap seluruh sekolah dapat memberikan peningkatan mutu kualitas pendidikannya masing-masing.(dat)