Metro

Herwin Serahkan Bantuan Langsung Tunai untuk Nelayan

 

LUWUK,LUWUK POST-Pandemi Covid-19 yang belum berakhir turut dirasakan oleh  nelayan. Dampak pandemi bagi nelayan ini menjadi perhatian Herwin Yatim, Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Sulawesi Tengah.

Sebagai organisasi yang programnya untuk mensejahterakan para nelayan. HNSI turut bersimpati pada nelayan yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Kami merasakan betul para nelayan ini terdampak. Sehingga kami berkewajiban untuk memberikan semangat bagi pada nelayan dalam bentuk BLT (Bantuan Langsung Tunai),” ungkap Herwin Yatim yang juga Bupati Banggai ini, saat penyerahan BLT bagi nelayan di Kecamatan Luwuk Selatan, Kamis (3/9).

Herwin menuturkan, dalam kapasitasnya sebagai pimpinan daerah, sejak awal memimpin kabupaten Banggai bersama wakilnya Mustar Labolo telah berkomitmen untuk mendorong kesejahateraan nelayan dan melindunginya, melalui program Kartu Nelayan Sejahtera (KNS).

“Selain itu kami juga mendorong program pemberdayaan dan pelatihan bagi kelompok nelayan yang tahun ini dianggarkan. Tetapi, karena pandemi  Covid-19 dan berdampak pada refocussing anggaran, program tersebut belum dilaksanakan,” tutur Herwin.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) nelayan ini telah melalui verfikasi yang dilakukan kelurahan dan pemerintah kecamatan. HNSI berharap dengan bantuan tunai tersebut, dapat mendorong semangat nelayan untuk terus bekerja mendorong ekonominya masing-masing. “Insha Allah, bila pandemi ini berakhir, kami akan kembali mengalokasikan anggaran bagi nelayan,” pungkasnya. (bdi)