Berita

Laksanakan Banyak Giat, Polsek Bulagi Dihujani Apreasiasi 

Bhakti Sosial Polsek Bulagi

SALAKAN, LUWUK POST-Polsek Bulagi, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) di bulan Juni 2022, menuai banyak apresiasi dari sejumlah pihak, atas beragam kegiatan sosial yang telah dilaksanakan.

Bahkan, Polsek Bulagi tercatat sebagai Polsek yang paling banyak melaksanakan kegiatan di momentum hari Hari Bhayangkara ke 76, dari sekian Polsek di Bangkep, mulai dari Bakti Sosial, Bakti Sosial Religi hingga Bakti Kesehatan.

Kapolsek Bulagi Ipda Muh. Ruhil Newton Sugiarto, SH mengaku banyak bersyukur karena telah berhasil melaksnakan serangkaian kegiatan, yang secara keseluruhan berlangsung aman dan lancar.

Beberapa kegiatan itu, antara lain Bakti Sosial, berupa Pembersihan objek wisata Paisupok Desa Luk Panenteng Kec. Bulagi Utara dan Objek Wisata Kuala Indah Desa Lalandai, Kecamatan Bulagi.

Selain itu, Polsek Bulagi juga Bakti Sosial bernuansa Religi, berupa pembersihan halaman pekarangan dan juga lingkungan tempat-tempat ibadah dan juga menyalurkan bantuan bahan bangunan berupa 30 Sak Semen untuk Mesjid dan Gereja di Bulagi.

Bukan itu saja, penyaluran 100 Paket Sembako kepada masyarakat kurang mampu dan orang sakit yang berada di tiga kecamatan bersaudara yakni Bulagi, Bulagi Utara, dan Bulagi Selatan.

Bakti Kesehatan pun, berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dan melakukan Khitanan massal gratis di Desa Lolantang yang di ikuti oleh 45 orang anak sebagai Peserta Khitanan juga dilakonkan Polsek Bulagi.

Hingga, Ziarah Makam tokoh penyebar Islam di Nusantara khususnya di Bangkep dan sekitarnya yakni makam Imam Sya’ban dan Makam Lipuadino di Desa Lolantang di Bulagi Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Bangkep, Edison Moligay yang juga merupakan Eks Camat di Bulagi Utara menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolsek Bulagi bersama personilnya. Sebab, Polsek Bulagi telah melaksanakan kegiatan yang bersifat positif untuk kemanusiaan.

Selain itu, Polsek Bulagi ikut mempromosikan situs-situs sejarah yang bersentuhan lansung dengan kepariwisataan, maupun Religi.

“Semoga kedepan Makam Imam Syahban dan Makam Lipuadino juga menjadi unggulan pengelolaan Destinasi Wisata Religi atau Wisata sejarah yang tentunya dapat mendatangkan Wisatawan di Bangkep,” ucap Ipda Ruhil.

Olehnya, pihaknya juga sangat mengharapkan kegiatan-kegiatan yang baik ini terus terlaksana sehingga Polri terus hadir ditengah-tengah masyarakat dan jadi milik masyarakat seutuhnya.

Selai Kepala Dinad Pariwisata, dr. Abdi Gunawan, Kepala Dinas Kesehatan mengatakan, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Polsek Bulagi dalam rangka hari Bhayangkara ke 76 sungguh sangat menyentuh dan membantu berbagai kebutuhan masyarakat.

Lebih penting lagi adalah kemampuan Polres Bangkep khususnya Polsek Bulagi dalam hal menggalang partisipasi aktif bersama-sama.

“Sehingga begitu banyak komponen masyarakat dan pihak lainnya yang mendukung serta mensukseskan berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat. Bravo Polri, dari rakyat, bersama rakyat dan untuk rakyat,” ucapnya.

Serupa dengan Camat Bulagi Selatan, Echon Bilalu. Menurutnya, secara kedinasan, pribadi dan juga mewakili seluruh masyarakat Bulagi Selatan menyampaikan ucapan terima yang sebesar-besarnya kepada Kapolsek Bulagi dan seluruh personil Polsek Bulagi termasuk ibu-ibu Bhayangkari.

Sebab, beragam kegiatan, berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, Khitanan Massal gratis dan berhadiah, serta penyaluran 50 Paket Sembako di Bulagi Selatan, sangat membantu masyarakat baik dari segi biaya maupun akses jangkauan masyarakat

“Semoga kedepannya Polsek Bulagi tetap Solid terus bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan juga masyarakat sehingga Polri akan terus di cintai dan dirindukan masyarakat,” ucap Echon Bilalu.

Tanpa terkecuali, Apresiasi juga diberikan oleh Jemianto Maliko, Ketua  Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Bangkep.

Jemi menilai apa yang telah dilaksanakan Polsek Bulagi dan Kapolseknya sudah cukup luar biasa bagi masyarakat.

“Kami juga sangat bangga kerana beberapa waktu lalu Polsek Bulagi juga telah menjuarai lomba kesenian budaya yang mengangkat nilai-nilai kearifan lokal budaya suku Banggai dan Sea-Sea,” timpal Jemi.

Camat Bulagi, Nani Orab pun berharap, ke depan Polri tetap bersinergi dan bekerjasama dengan pihak lainya serta selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Sehingga Polri kedepan semakin dicintai rakyat dan juga sukses dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif, Bravo Polsek Bulagi, NKRI Harga Mati, Polsek Bulagi Selalu di hati,” tutup Nani Orab, S.Pd, SH.M.SI yang merupakan Camat Bulagi.