Berita

Banggai Juara Umum Fire Fighter Skill Competition

LUWUK, ( luwukpost.id ) – Kabupaten Banggai menyabet Juara umum pada lomba lomba Fire Fighter Skill Competition 2024, yang dilaksanakan pada Rabu (15/5/2024).
Pengumuman pemenang lomba Fire Fighter Skill Competition diumumkan pada rangkaian upacara gelar pasukan memperingati Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-74, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-62, serta Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-105 Provinsi Sulawesi Tengah.
Upacara dilaksanakan pada Kamis (16/5/2024) di Lapangan Astaka Halimun, Kabupaten Banggai, dengan tema “Satpol PP Bertekad Menciptakan Suasana Kondusif, Tertib, dan Terkendali dalam Mendukung Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024”.
Sambutan tertulis Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Drs. H. Ma’mun Amir yang juga bertindak sebagai Inspektur upacara menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.
“Pada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, saya mengucapkan terimakasih yangs setulus-tulusnya dan apresiasi setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasinya, semuanya adalah pilar utama dlm menjaga keamanan, ketertiban dan keselamatan,” ungkap Wagub Ma’mun Amir.
Ma’mun Amir mengajak semua pihak untuk menjadikan peringatan ini sebagai momentum dalam meningkatkan koordinasi, pengabdian, dan sinergitas di antara semua pihak guna menciptakan langkah yang aman, nyaman, tentram, dan sejahtera bagi masyarakat Sulawesi Tengah.
Lebih lanjut, Ia menekankan pentingnya optimalisasi tugas pemadam kebakaran di daerah dengan menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.
“Salah satu poin pentingnya yaitu mengamanatkan kepala daerah agar segera membentuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, agar Dinas Pemadam dapat mengelola anggaran dan SDM secara maksimal,” jelas Wagub Ma’mun.
Selain itu, menjelang pemilihan kepala daerah serentak, Satpol PP dan Satlinmas diharapkan dapat lebih siap dan tanggap dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses pemilihan berlangsung.
Turut hadir dalam upacara, Walikota Palu, Bupati Kabupaten Morowali Utara, Bupati Kabupaten Parigi Moutong, Bupati Kabupaten Tojo Una-Una, Ketua DPRD Banggai, Para Pimpinan OPD Banggai dan Unsur Forkopimda Banggai. (*)