Politik

DPT 2020 Ditetapkan Hari Ini

Jumlah DPS Sebanyak 246.445 Orang

 Alwin Palalo
Alwin Palalo

LUWUK, LUWUK POST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai, mengagendakan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Agenda tersebut rencananya akan dilaksanakan di Hotel Swiss-Belinn Luwuk, Kamis hari ini (15/10).

“Iya. Kita menetapka jumlah DPT untuk pemilihan kepala daerah tahun 2020 di tingkat Kabupaten,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Banggai, Alwin Palalo, Rabu (14/10).

Rapat pleno penetapan DPT untuk pemilihan kepala daerah tahun 2020 itu, akan dihadiri oleh Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Banggai. “Iya. Peserta PPK di 23 kecamatan,” ucapnya.

Alwin menjelaskan, sebelum pleno penetapan DPT tersebut, terlebih dahulu telah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh PPDP, penyusunan daftar pemilih hasil pemutahiran oleh PPS, rekapitulasi daftar pemilih tingkat desa/kecamatan/kabupaten untuk ditetapkan menjadi DPS.

KPU Kabupaten Banggai juga telah mengumumkan DPS untuk dapat tangggapan masyarakat. Selanjutnya dilakukan perbaikan DPS oleh PPS dan rekapitulasi  DPS hasil perbaiki tingkat kabupaten tersebut akan ditetapkan menjadi DPT dalam rapat pleno.

Berdasarkan data yang ada, jumlah DPS Kabupaten Banggai pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 sebanyak 246.445 dan dipastikan berubah setelah pleno penetapan DPT oleh KPU Kabupaten Banggai.

“Setelah pleno penetapan DPT, agenda selanjutnya adalah penyampaian DPT kepada PPS, rekapitulasi DPT tingkat provinsi dan pengumuman DPT oleh PPS,” imbuhnya. (and)