Metro

Kemenko Marves Perkuat Sinergi dengan Pemda Banggai

TEMUI BUPATI BANGGAI: Kemenko Marves melalui Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan lakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Banggai Ir. H. Herwin Yatim, M.M, Sabtu (24-10-2020). [Foto: Istimewa]
TEMUI BUPATI BANGGAI: Kemenko Marves melalui Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan lakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Banggai Ir. H. Herwin Yatim, M.M, Sabtu (24-10-2020). [Foto: Istimewa]

LUWUK, LUWUK POST—Sebagai upaya pengawalan pengembangan Kabupaten Banggai, Kemenko Marves melalui Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan lakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Banggai  Ir. H. Herwin Yatim, M.M pada hari Sabtu (24-10-2020).

Berdasarkan rapat bersama Bappeda Litbang Kabupaten Banggai dan kunjungan lapangan pada industri setempat di hari Jumat (23-10-2020), didapati bahwa Banggai memiliki potensi yang besar untuk berkembang.

Namun, diperlukan dukungan dan keterbukaan dari pemerintah untuk dapat membantu percepatan pengembangan di Kabupaten ini. Misalnya, Banggai memiliki pabrik galangan kapal satu-satunya di Sulawesi Tengah, tetapi masih harus dikembangkan secara fasilitas agar semakin memadai.

“Proyek Strategis Nasional itu penugasannya biasanya top-down, jarang ada inisiasi bottom-up. Banggai ini seharusnya bisa menjadi hub dari kegiatan parisiwata di Sulawesi Tengah, karena secara infrastruktur sudah didukung dengan adanya bandara. Terkait hasil pengamatan lapangan, kami akan laporkan dan tindaklanjuti. Namun, akan lebih baik bila mendapat dukungan juga dari pemerintah daerah,” ungkap Asisten Deputi (Asdep) Investasi Strategis Bimo Wijayanto, dalam rilis media.

Bupati Herwin juga menyepakati hasil temuan lapangan yang dipaparkan. “Banggai ini memiliki potensi yang banyak, namun kami memiliki keterbatasan sehingga butuh bantuan. Dengan terpilihnya Banggai dalam Open Government Partnership 2020 saya rasa bisa menjadi gerbang pembuka bagi Banggai untuk berkembang. Khususnya dalam kemudahan berusaha, saya sangat mendukung adanya bantuan dari pihak lain,” ujar Bupati Herwin.

Setelah terpilih dalam OGP 2020, Banggai juga akan dipersiapkan untuk mengikuti OGP Summit. Melalui OGP Summit, setiap negara dan daerah peserta akan saling berdiskusi dan mendapatkan pelajaran untuk membangun pemerintahan yang terbuka. (*/ris)