Politik

Sukses Ciptakan Banggai Bebas Korupsi, Winstar Jadi Kebanggaan Masyarakat

LUWUK, LUWUK POST—Calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Banggai nomor urut 03, Herwin Yatim dan Mustar Labolo dinilai sukses dalam pencegahan korupsi di pemerintahan daerah periode 2016-2021. Hal itu terbukti dengan penghargaan yang diraih Banggai oleh lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2019 dan 2020.

Cabup Herwin mengatakan bahwa dirinya bersama Cawabup Mustar terus berkomitmen untuk selalu menjaga dan mempertahankan predikat yang dimiliki oleh Banggai sebagai daerah bebas korupsi bila kembali dipercaya oleh masyarakat.

“Setiap program yang WinStar jalankan dapat menyentuh langsung masyarakat. Karena perangkat daerah dan desanya, satu sinergi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih,” kata Herwin, Senin (30/11/2020).

“Makanya, tahun 2019 kita mendapatkan penghargaan dari KPK, kemudian tahun 2020 kita kembali diundang untuk menerima penghargaan. Dan setiap tahun daerah kita ini selalu mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan,” lanjutnya.

Atas keberhasilan itu juga, Cabup Herwin berkomitmen akan lebih memperkuat kerja pencegahan tindak korupsi di Banggai. Melalui transprasi dan akuntabiltas yang terjaga, ia yakin Banggai akan terus menjadi daerah bebas korupsi.

“Untuk membuat tata kelola pemerintahan yang bersih, kita mesti fokus melakukan tindakan pencegahan apapun yang berujung korupsi, transparansi dan akuntabilitas tetap harus dijaga. Sebab dengan begitu, budaya anti korupsi akan terwujud secara struktural,” ujar Herwin Yatim, dalam rilis media.

Herwin menambahkan bahwa akan terus melakukan upaya-upaya yang mampu mengevaluasi kinerja tata kelola pemerintahan yang bersih, agar tindakan pencegahan korupsi menjadi sebuah budaya yang mengubah perilaku masyarakat.

“Kita juga sangat mengapresiasi kepada semua perangkat daerah, pimpinan OPD dan masyarakat Kabupaten Banggai. Terhadap pihak-pihak yang telah mendukung dan membantu aksi pencegahan korupsi di Kabupaten Banggai,” ucap Herwin.

Menanggapi hal tersebut, Asma (38) salah satu warga dari Kecamatan Luwuk Utara ikut merasa bangga atas keberhasilan yang diraih oleh kepemimpinan Herwin-Mustar dalam mewujudkan pemerintahan bersih.

“Jika pemerintahannya bersih, maka pelayanan untuk masyarakat itu akan maksimal. Coba kita lihat sekarang, Luwuk sekarang menjadi daerah percontohan. Baik dari sektor tata kota, kebersihan sampai di pemerintahan,” ujar Asma.

Ini membuktikan bahwa kepemimpinan Herwin-Mustar telah berhasil membuat maju daerah. Maka dari itu, Asma mengajak semua masyarakat untuk mencoblos nomor urut 3 WinStar, agar Kabupaten Banggai semakin maju dan terdepan. (*/adv)