Banggai Brother’sPolitik

Tiga Bapaslon Minta Hari Pertama

 

 

LOKASI PENDAFTARAN: Para komisioner KPU Kabupaten Banggai Laut saat menggelar rapat koordinasi beberapa waktu lalu. Rencananya, pendaftaran bakal pasangan calon akan digelar di kantor KPU setempat dengan menerapkan sejumlah protokoler. [Foto: Alisan/Harian Luwuk Post]
BANGGAI, LUWUK POST-Tahapan pemilihan kepala daerah memasuki babak baru. Jumat-Minggu (4-6/2020), para bakal calon akan mendaftarkan di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banggai Laut.

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Banggai Laut, Syarif S. Ambu, menjelaskan, Rabu (2/9) malam nanti pihaknya akan bertemu dengan seluruh pemimpin partai politik dan tim pemenangan para bakal calon. “Ini kan pertemuan kedua, pertemuan pertama sudah selesai tanggal 25 (Agustus, Red) lalu,” tuturnya, kemarin.

Pertemuan kedua ini terdapat beberapa hal yang menjadi pembahasan, di antaranya jumlah tim kampanye dan tim penghubung yang akan bersama-sama bakal pasangan calon mendaftar di KPU. “Yang kedua kita memastikan pendaftaran sudah sesuai ketentuan dan semua administrasi terpenuhi. Finalisasi,” katanya.

Pertemuan nanti, semua pimpinan partai politik diwajibkan hadir langsung. Semua hasil pertemuan akan dibuat dalam bentuk tertulis. “Agar kemudian kesepakatan yang kita bangun betul-betul dipahami partai pengusung dan akan disampaikan ke bakal pasangan calon,” ujar dia.

Lokasi pendaftaran tetap bertempat di kantor KPU Kabupaten Banggai Laut. Pengamanan cukup ketat. Hanya 30 orang perwakilan yang akan mengikuti setiap bakal pasangan calon mendaftar. “Sebanyak 30 orang itu sudah termasuk bakal calonnya,” jelasnya. Namun, jumlah itu masih dipastikan kembali pada pertemuan malam nanti.

Aparat keamanan bersama-sama penyelenggara pemilu akan berjaga pada dua jalur menuju kantor KPU Banggai Laut. Ketika masuk, tim  pemenangan yang mengikuti bakal calon mereka mendaftarkan diri, mesti menunjukkan KTP. “Protokolnya ketat. Nanti pembuktian nama yang dicatat nanti saat pendafaran. Nanti di depan sana disesuaikan dengan KTP,” jelas dia.

Terkait dengan waktu pasti pendaftaran, Syarif menuturkan, hingga Rabu siang, baru tiga bakal pasangan calon yang memasukkan surat resmi ke KPU Kabupaten Banggai Laut terkait jam pendaftaran. Waktu pasti pendaftaran  bukan ranah penyelenggara untuk mengatur, tetapi diserahkan kepada masing-masing bakal pasangan calon.

Untuk bakal pasangan calon Wenny Bukamo-Ridaya La Ode Ngkowe mereka meminta pukul 13.30 pada Jumat (4/8). Sementara Tuty Hamid-Richard juga akan mendaftar di hari yang sama, tetapi pukul 15.30. Sedangkan Rusli Banun-Asgar Badalia meminta pukul 15.10.

Secara terpisah, salah seorang tim pemenangan Sofyan Kaepa-Ablit H. Ilyas. Ilyas, Sutrisno Bandu, menerangkan, rencananya bakal calonnya akan mendaftar pada Sabtu (5/8). “Belum kita putuskan, tapi mungkin tanggal 5,” kata dia saat dihubungi.

Menurut Sutrisno, sesuai hasil kesepakatan bersama penyelenggara, hanya 30 orang yang bisa mendampingi para bakal calon. Namun, yang ikut ke dalam ruangan pendaftaran 5 orang, sisanya menunggu di luar.

Simpatisan Tuty Hamid-Richard Manuas, Supriyadi Laeba, juga mengonfirmasi bahwa bakal pasangan calonnya akan mendaftar pada 4 September 2020 atau hari pertama pendaftaran. (ali)